UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS III DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PELAKSANAAN KKG
Abstract
Penelitian ini tergolong Penelitian tindakan sekolah, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru kelas III dalam pembelajaran tematik melalui KKG di gugus V Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Melibatkan gugus karena sekolah imbas tidak dapat lepas dari sekolah inti. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan masing-masing terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.,Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif baik untuk data kuntitatif maupun data kualitatif.Adapun aspek-aspek yang dinilai antara lain : (1) Pra pembelajaran; (2) Membuka pembelajaran; (3) Kegiatan inti pembelajaran yang terdiri dari (a) Penguasaan materi pembelajaran, (b) Pendekatan strategi pembelajaran, (c) Pemanfaatan sumber belajar/ media pembelajaran, (d) Pembelajaran yang memicu dan memelihara ketertiban siswa, (e) Penilaian proses dan hasil belajar,serta (f) Penggunaan bahasa; (4) Penutup pambalajaran.Berdasarkan hasil analisis pada masing-masing siklus menunjukkan peningkatan kemampuan guru-guru dalam proses pembelajaran melalui pelaksanaan KKG yakni proses pembelajaran dari kondisi awal ke siklus I dan II berkisar antara 11-29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pelaksanaan KKG salah satu upaya peningkatan kemampuan guru-guru kelas III dalam pembelajaran tematik di gugus V Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariantoni. 2003. Pembelajaran Tematis. Pusat Kurikulum Balitbang Denpasar.
Arikinto, Suharsini, Suhardjono,Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
No Name. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tentang Pendidikan Nasional , Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.
Permen No 16 Tahun 2007
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana
Sahertian, Piet A.. 2000. Supervisi Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Subagyo , P. Joko. 2004. Metode Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sutjipta Nyoman. 2006. Merencanakan Pembelajaran Bermutu, Denpasar : Percetakan Pelawa Sari.
Syaiful Bachri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.