EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN GURU MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 8 KECAMATAN TULANGAN TAHUN 2015

Hermawanti Afifah Sinta, Harun A Rasyid, Mujtahidin Mujtahidin

Abstract


Pada implementasi kurikulum 2013 guru SD Muhammadiyah mengalami kesulitan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, sehingga perlu diadakan potret pembelajaran untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik yang ditinjau dari kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik yang ditinjau dari kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) efektivitas pembelajaran tematik dilihat dari kemampuan guru merencanakan pembelajaran 67% efektif, (2) efektivitas pembelajaran tematik dilihat dari kemampuan guru melaksanakan pembelajaran 50% efektif, (3) terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, (4)  terdapat faktorfaktor yang menyebabkan pembelajaran tematik menjadi efektif.

Keywords


Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i2.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: