SISTEM PENENTUAN POSISI DALAM RUANGAN BERDASARKAN RECEIVE SIGNAL STRENGTH INDICATOR (RSSI)

Dian Neipa Purnamasari, Adi Kurniawan Saputro

Abstract


Sistem penentuan posisi dalam ruangan (indoor positioning system) yang sangat penting untuk navigasi di dalam gedung atau bangunan. Dalam sistem ini, kekuatan sinyal yang diterima oleh perangkat penerima dari pemancar diukur untuk menentukan jarak antara perangkat penerima dan pemancar. Hal ini dilakukan untuk memberikan solusi dalam masalah yang sering terjadi di dalam ruangan seperti kehilangan arah atau tidak mengetahui posisi yang tepat di dalam gedung atau bangunan. Salah satu jenis pemancar yang sering digunakan dalam sistem penentuan posisi dalam ruangan berdasarkan pengukuran RSSI adalah WiFi dan Bluetooth. Penelitian ini mengusulkan sistem penentuan posisi dalam ruangan berdasarkan nilai pengukuran RSSI menggunakan media transmisi nirkabel antara lain teknologi WiFi dan Bluetooth. Penggunaan media nirkabel digunakan karena memiliki keuntungan, seperti jangkauan sinyal yang cukup luas dan biaya implementasi yang relatif rendah. Hasil pengujian didapatkan bahwa adanya perbedaan jarak antara titik referensi dengan titik estimasi dikarenakan adanya variasi yang besar terhadap fading dan shadowing di dalam gedung. Hal ini terlihat pada lokasi pengujian yang memiliki banyak properti seperti didalam ruangan terdapat sekat, vending machine dan properti lainnya, sehingga menyebabkan adanya peredaman sinyal, pembelokan sinyal dan pemantulan sinyal yang mengakibatkan penurunan kuat sinyal.

Kata kunci: Bluetooth, Penentuan Posisi, RSSI, WiFi


References


F.M. Asmawi, W. Wibhisono, dan H. Studiawan, “Rancang Bangun Sistem Navigasi Indoor Berbasis Integrasi Symbolic Location Model Dan Wifi Based Positioning System Untuk Studi Kasus Pada Gedung Bertingkat”, Jurnal Teknik ITS, vol. 6, no. 2, pp. 515-518, 2017.

H. Rubiani, “Penentuan Posisi Objek di Dalam Gedung Berdasarkan GSM Menggunakan Metode Support Vector Machine”, J. Produktif, vol. 3, no. 1, pp. 223-230, 2019.

D. K. Afifah, D. P. Kartikasari, dan F. A. Bakhtiar, “Implementasi Algoritma Trilateration pada Penentuan Posisi Obyek”, J. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 4, pp. 2018-2024, 2022.

R. Syaljumairi, S. Defit, S. Sumijan, dan Y. Elda, “Akurasi Klasifikasi Pengguna terhadap Hotspot WiFi dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour”, J. Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 3, no. 3, 2021.

D. Triseptiawan, dan R. F. Malik, “Pemantauan Posisi Object Menggunakan Algoritma Multiple Linier Regression”, J. Ilmu Komp. Dan Tek. Informasi, vol. 11, no. 1, 2019.

A. Garnis, Suroso, dan S. Soim, “Pengkajian Kualitas Sinyal dan Posisi WiFi Access Point dengan Metode RSSI di Gedung KPA Politeknik Negeri Sriwijaya”, in: Prosiding SNATIF, pp. 429-434, 2017.

A. F. Utomo, “Penerapan Sistem Indoor Localization Menggunakan Bluetooth Low Energy dengan Teknik Trilateration di Laboratorium LG Corner FTI UII”, Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, 2020.

A. K. Suhandi, Sussi, dan F. Dewanta, “Perbandingan Metode Bluetooth Low Energy Dan Zigbee Untuk Penerapan Lokasi Dalam Ruangan”, e-Proceeding of Engineering, vol. 8, no. 6, pp. 3734-3745, 2022.

T. A. Nugraha, dan A. Z. Z. Tafidah, “PIPS-Blu : Passive Indoor Positioning System Dengan Menggunakan Bluetooth”, Skripsi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, 2022.

B. Rizaldi, D. S. Pambudi, dan T. Bariyah, “Implementasi Teknologi Bluetooth Low Energy dan Metode Trilaterasi untuk Pencarian Rute Indoor”, JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 18, no. 2, pp. 57-67. 2020.

Modul Praktikum Jaringan Telekomunikasi, “Pengukuran Jarak Antar Node Menggunakan X-Bee,” PENS, no. 4. pp. 4–8.

T. S. Rappaport, “Wireless communication principles and practice,” New Jersey: Prentice Hall, 1996.

N. F. Puspitasari, “Analisis Rssi ( Receive Signal Strength Indicator ) Terhadap Ketinggian Perangkat Wi-Fi Di Lingkungan Indoor,” J. Ilm. Dasi, vol. 15, no. 04, pp. 32–38, 2011.

Priyambodo, T.K dan Heriadi, D. 2005. Jaringan Wi-Fi. Penerbit ANDI Yogyakarta.

A. Handojo, I. Wahyudi, and R. Lim, “Aplikasi Based Positioning Service Dengan Bluetooth,” in Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 2008, pp. 117–122.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v11i1.19734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Neipa Purnamasari, Adi Kurniawan Saputro

Indexed By