STUDI KINERJA SISTEM JARINGAN KOMPUTER UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Achmad Ubaidillah Ms

Abstract


Jaringan komputer menjadi suatu teknologi yang wajib digunakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk juga Universitas Trunojoyo Madura (UTM), untuk membuka diri dan mengembangkan diri dalam menghadapi era teknologi. Jaringan komputer menawarkan kemudahan bagi suatu instansi terutama di dalam melakukan telekomunikasi baik di dalam internal instansi tersebut (misalnya, jaringan LAN dan W-LAN) maupun ke dunia luar (misalnya, jaringan internet). Universitas Trunojoyo Madura sebagai pengguna sistem jaringan komputer, sudah seharusnya melakukan kajian tentang sejauh mana kinerja jaringan komputer yang telah diterapkan tersebut sehingga dapat melakukan perencanaan instalasi jaringan komputer dengan baik untuk menjaga kualitas jaringan komputer tersebut. Penelitian ini akan mengkaji sampai sejauh mana kinerja sistem jaringan komputer yang telah diterapkan di Universitas Trunojoyo Madura. Metode pengukuran kinerja jaringan komputer dalam penelitian ini adalah metode pengukuran langsung, yaitu mengukur beberapa parameter yang dapat menunjukkan quality of service (QoS) seperti bit rate dan rata-rata bandwidth total yang dipakai dalam satu universitas maupun setiap fakultas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jaringan mencapai 71,2% dari bit rate maksimum 10Mbps. Grup VLAN pengakses tertinggi adalah grup Wifi dan grup Fakultas Teknik-2. Sedangkan pengakses terendah adalah grup HUMAS dan grup Fakultas Pertanian. Bit rate pada sisi user merupakan bit rate rata-rata pada grup VLAN dibagi sejumlah user dalam grup tersebut.


References


Tri Daryanto, Kalamullah Ramli, Bagio Budihardjo, 2006, “Analisa Kinerja dan Implementasi Adaptive Transcoder Pada Jaringan Local Area Network”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN : 1907-5022.

Mohammad Iqbal, Dr., 2012, “Handout : Analisis Kinerja Sistem”, Universitas Gunadarma.

Hendrawan, Dr., 2012, “Handout : Kinerja Jaringan Telekmunikasi dan Komputer”, Teknik Elektro - Telekomunikasi - Institut Teknologi Bandung.

Larry L. Peterson, Bruce S. Davie, 2003, “Computer Networks A Systems Approach, 3rd Edition”, Morgan Kaufmann Publisher,

Erdiansyah, 2007, “Jaringan Komputer”, Teknik Elektro, Universitas Hasanuddin

Hendrawan, Dr., 2012, “Handout : Jaringan Komputer”, Teknik Elektro -Telekomunikasi - Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v2i2.13397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Achmad Ubaidillah Ms

Indexed By