MODEL INTERAKTIFITAS PADA SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB MULTIMEDIA

Irsan Taufik Ali

Abstract


Interaktifitas merupakan bagian yang penting pada sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Interakifitas  pada proses pembelajaran jarak jauh diwujudkan dalam dua bentuk interaksi pertama, interaksi individual antara peserta ajar dengan materi pembelajaran dan interaksi yang kedua menyangkut  interaksi antara peserta ajar dengan nara sumber yang akan membantu peserta dalam memahami materi pembelajaran. Sistem yang disediakan harus dapat mendukung proses interaksi individual antara peserta didik dengan materi pembelajaran, atau  interaksi dalam komunikasi antara sesama peserta didik dan pemateri dalam sebuah grup pembelajaran. Dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi multimedia serta pemanfaatan  elemen-elemen multimedia dan keunggulan yang dimilikinya maka akan menghasilkan sebuah antarmuka sistem dan aplikasi yang menarik, nyaman dan mudah digunakan, serta mampu mendukung bentuk-bentuk interaksi yang terjadi pada proses penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh.

References


Djalle, Zharuddin; & Reksowardojo, Bambang; & Mahardika, Ibnu. Flash MX 3 In 1 Bandung:Penerbit Bandung, 2006.

Hartanto, Bernard. ; & Wijaya, Ferdianto, The Magic Of Flash MX 2004. Jakarta: Alex Media Komputido, 2004.

Harun, Jamalludin. ; & Tasir, Zaidatun. 2003. Multimedia dalam Pendidikan. PTS Publications: Bentong.URL: http://www.jz-media.com. Diakses Tanggal 3 Agustus 2007.

Herlambang, Ferry. Desain Web Cantik Dengan Flash 8. Jakarta:Alex Media Komputindo, 2007.

Koswara, Engkos. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2005.

Moore, M.G. ; & Kearsley, G. Distance education : Sistem View. New york. Wadsworth Publishing Company, 1996.

Moore, M.G. ; et al. The Effects of the distance Learning: A summary of the literature. Reasearch Monograph No. 2. University Park, PA; the Pennsylvania State University, American center for Study of Distance Education, 1990.

Suyanto, A. H. 2005 Desain Website E-learning. URL: http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id / Diakses tanggal 10 Oktober 2007.

Vaughan, Tay. Multimedia : Making Work, sixth Edition. New York:McGraw-Hill Companies, Inc, 2004.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v1i3.13385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irsan Taufik Ali

Indexed By