IMPLEMENTASI METODE HOLT WINTER ADDITIVE UNTUK PREDIKSI KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KABUPATEN SUMENEP

Ainun Nawawi, Sri Herawati, Novi Prastiti

Abstract


Adanya peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sumenep yang tidak dapat diduga, sehingga perlu dilakukan peramalan untuk memprediksi jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sumenep pada periode yang akan datang. Dalam kesempatan penelitian kali ini dilakukan peramalan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sumenep menggunakan metode hold-winters exponential  smoothing additive, metode hold-winters exponential  smoothing additive merupakan metode yang didasarkan pada tiga persamaan smoothing yaitu smoothing level, smoothing trend, serta smoothing musim. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data time series kunjungan wisatawan Kabupaten Sumenep dari bulan Januari 2015 – Februari 2020. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai akurasi peramalan SMAPE terbaik sebesar 13,65%, dengan nilai . Berdasarkan hasil nilai akurasi peramalan SMAPE yang telah didapat, metode peramalan hold-winters exponential smoothing additive dapat menjadi rujukan untuk penyusunan strategi pembangunan dan pemasaran wisata di Kabupaten Sumenep. Sehingga dapat meningkatkan efektivitas dalam pengambilan keputusan dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sumenep.


References


BPS Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sumenep Dalam Angka 2020. Sumenep: BPS Kabupaten Sumenep, 2020. doi: 1102001.3529.

Y. M. Sari, “Penerapan Metode Holt-Winters’ Additive Exponential Smoothing untuk Peramalan (Forecasting) Harga Bawang Merah di Yogyakarta,” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2020.

Wikipedia, “Forecasting,” Wikipedia, 2021. https://en.wikipedia.org/wiki/Forecasting (accessed Oct. 22, 2021).

A. P. R. Kusuma and S. Herawati, “Analisis Metode Perceptron untuk Prediksi Kunjungan Wisatawan Mancanegara,” Jurnal Simantec, vol. 6, no. 2, pp. 85–90, Dec. 2017.

D. A. Sasti, “Metode Pemulusan Eksponensial Holt-Winters untuk Peramalan Data Deret Waktu Musiman (Studi Kasus Data Jumlah kedatangan Wisatawan Mancanegara Melalui Bandara Ngurah Rai Tahun 2008-2016),” Universitas Lampung, 2017.

A. Hartono, D. Dwijana, and W. Headiwidjojo, “Perbandingan Metode Single Exponential Smoothing dan Metode Exponential Smoothing Adjusted For Trend (Holt’s Method) untuk Meramalkan Penjualan. Studi Kasus: Toko Onderdil Mobil ‘Prodi, Purwodadi,’” Jurnal EKSIS, vol. 5, no. 1, pp. 8–18, 2015.

Wikipedia, “Symmetric Mean Absolute Percentage Error,” Wikipedia, Dec. 05, 2020. https://en.wikipedia.org/wiki/Symmetric_mean_absolute_percentage_error (accessed Oct. 23, 2021).

D. al Mahkya, “Prediksi Nilai Ekspor Jawa Tengah Menggunakan Pendekatan Hierarchical Time Series,” Institut Teknologi Sepuluh November, 2016.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v10i1.12466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ainun Nawawi

Indexed By