Implementasi Program Kidspreneurship pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kidspreneurship yang diterapkan pada TK Khalifah di Kalimantan Selatan, implementasi program serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program kidspreneurship tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneiti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kidsprenuership di Tk Khalifah terbagi menjadi 2 program yang menitikberatkan pada softtskill dan hard skill. Soft skill yang dikembangkan kepada anak merupakan enterpreuership value. Sedangkan hard skill lebih kepada pengenalan bisnis kepada anak dalam bentuk literasi keuangan, membuat produk hingga memasarkan produk. Soft skill dan hard skill ini diimplementasikan melalui knowing, feeling dan acting. Knowing dilaksanakan untuk mengenalkan anak terhadap konsep, ini diajarkan dengan metode bercakap-cakap dan lagu. Feeling dilakukan dengan cara membacakan sebuah cerita. Sedangkan acting dilakukan melalui kegiatan bermain peran, metode pemberian tugas dan pembiasaan. Untuk memaksimalkan kegiatan kidspreneurship, TK Khalifah memiliki kegiatan tambahan lain seperti cooking day, berkaryawisata ke tempat pengolahan dan penjualan produk tertentu, market day dan ramadhan market. Faktor pendukung dan penghambat program ini adalah kerjasama guru dan orang tua, seminar dan workshop tentang kidsprenuership, media pembelajaran, letak geografis, ukuran kelas dan sekolah, dan teman sebaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B, Suryoboroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifatul Khoirida (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasiya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media .
Gibb, A. A. (1993). Enterprise Culture and Education Understanding Enterprise Education and Its Links with Small Business, Entrepreneurship and Wider Educational Goals. International Small Business Journal, 11(3), 11-34.
http://dx.doi.org/10.1177/026624269301100301 https://onlinemba.wsu.edu/teaching-children-entrepreneurial-skills/
Jones, B., & Iredale, N. (2010). Enterprise education as pedagogy. Education + Training, 52(1), 7-19. http://dx.doi.org/10.1108/00400911011017654
Knight, F. H. (1921). Risk, uncertainty and profit. New York: Harper & Row.
Komulainen, K., Naskali, P., Korhonen, M., & Keskitalo-Foley S. (2011). Internal entrepreneurship –A Trojan horse of the neoliberal governance of education? Finnish pre-and in-service teachers’ implementation of and resistance towards entrepreneurship education. Journal for Critical Education Policy Studies, 9(1), 341-374.
Korhonen, M., Komulainen, K., & Räty, H. (2012). Not everyone is cut out to be the entrepreneur type: How Finnish school teachers construct the meaning of entrepreneurship education and the related abilities of the pupils. Scandinavian Journal of Educational Research, 56(1), 1-19. http://dx.doi.org/10.1080/00313831.2011.567393
Lerner, M., & Almor, T. (2002). Relationships among strategic capabilities and the performance of women-owned small ventures. Journal of Small Business Management, 40(2), 109-125. http://dx.doi.org/10.1111/1540-627X.00044
Lindström, L. (2013). What Do Children Learn at Swedish Preschools? International Education Studies, 6(4), 236. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v6n4p236
Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Mulyani, Endang. dkk. (2010), Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Ms, Indrawan. (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang: Lintaas Media.
Ningrum, Anik Lestari (2017) Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009
Peterman, N. E., & Kennedy, J. (2003). Enterprise education: Influencing students’ perceptions of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 28(2), 129-144. http://dx.doi.org/10.1046/j.1540-6520.2003.00035
Robinson, K. (2006). Do schools kill creativity? Paper presented at the TED2006 conference. Monterey, CA
Rosyana, Dhian Farah (2014) Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta http://digilib.uin-suka.ac.id/33586/1/14430013
Santika, Tika, (2017). Pendidikan Karakter Kewirausahaan Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan NonFormal. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, Vol. 1 No. 1
Schumpeter, J. A. (1934). The Theory of Economic Development. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Seikkula-Leino, J. (2011). The implementation of entrepreneurship education through curriculum reform in Finnish comprehensive schools. Journal of Curriculum Studies, 43(1), 69-85. http://dx.doi.org/10.1080/00220270903544685
Suryana, Sawa & Lita Latiana, (2013) Character Education Model in Early Age Childhood. International Journal of Early Childhood Education Studies, 2 (1) 2013 ISSN 2252-6374.
Soemanto, Wasty (2008). Kewiausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Surlemont, B. (2007). Promoting enterprising: a strategic move to get schools’ cooperation in the promotion of entrepreneurship. In A. Fayolle (Ed.). Handbook of Research in Entrepreneurship Education: Contextual perspectives. Cheltenham, UK: Edward Elgar.
Syifauzakia. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Jurnal Tunas Siliwangi, vol.2, No.1. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunassiliwangi/article/download/311/232
Timmons, J. A., Muzyka, D. F., Stevenson, H. H, & Bygrave, W. D. (1987). Opportunity recognition: the core of entrepreneurship. Frontiers of entrepreneurship research, 109-123.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 nor izzatil hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506