Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak di TK YKK 1 Bangkalan

Mega Wulan Sari, Dwi Nurhayati Adhani, Muhammad Busyro Karim

Abstract


Pemenuhan hak dan perlindungan pada anak usia dini menjadi penting karena sebagai kunci keberhasilan pertumbuhan, perkembangan, serta kesejahteraan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam penerapan program sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan. Deskripsi tersebut terkait dengan peranan guru dalam pembelajaran dan penerapan program sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pennelitian ini mengguankan pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan adanya dokumentasi lapangan. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menghasilkan yaotu suatu peran dari guru sebagai fasilitator, pembimbing, dan motivator. Penerapan sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan antara lain tidak melakukan diskriminasi, melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan aman, melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta memberikan fasilitas yang baik untuk anak. 


Keywords


Peran Guru; Anak usia dini; Sekolah ramah anak

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2008). Sekolah Ramah Anak Mencegah Kekerasan dalam Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Fadlilah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Husain, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

KPAI. (2016). Panduan Sekolah dan Madrasah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga.

Lingkar Jatim. (2019). Peringati Hari Anak Nasional 2019, Bupati Bangkalan Terbitkan SK KLA. Diakses pada 26 Maret 2020, dari https://lingkarjatim.com/madura/bangkalan/peringati-hari-anak-nasional-2019-bupati-bangkalan-terbitkan-sk-kla.

Moleong, Lexy. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Pedoman Pendidikan Ramah Anak dari Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak, Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: ALFABETA.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mega Wulan Sari, Dwi Nurhayati Adhani, Muhammad Busyro Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats