Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu hal penting yang dilakukan dalam sebuah proses pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Adapun strategi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan outing class. Kegiatan outing class juga dapat membantu meningkatkan aspek perkembangan anak karena salah satu tujuan strategi pembelajaran anak usia dini adalah meningkatkan aspek perkembangan anak. Tujuan yang hendak dicapai dalam artikel ini adalah mengetahui pengaruh dan hasil pembelajaran pada anak usia dini melalui kegiatan outing class. Adapun metode yang digunakan dalam artikel ini adalah menggunakan gagasan berpikir atau artikel ini merupakan karya ilmiah yang termasuk non penelitian, sehingga di dalamnya merupakan gagasan berpikir yang terorganisir dan sistematik. Hasil dari gagasan berfikir ini adalah strategi pembelajaran outing class dapat membantu dalam menumbuhkan minat belajar pada anak. Pada era new normal, strategi ini cocok di terapkan di dalam pembelajaran karena dapat menghilangkan kejenuhan belajar pada anak anak selama masa pandemi covid-19 dengan syarat peserta didik wajib untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani D.N. & Nazarullail, F. 2019. Compliance (Perkembangan Moral) Pada Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Melalui Bhanteng Dan Dhe Andheen (Permainan Tradisional Madura). Penelitian Mandiri Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.
Anggraini, Wika. Nasirun, Muhammad Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmu Potensia. Vol. 5 No. 1 hal. 31-39.
Fabiola Priscilla Setiawan. (2010). Anak Cerdas Berkarakter Berkat Seni (Online). http://lifestyle.okezone.com. (Diakses 25 September 2020)
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Geofani, Fisca Putri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Dongeng dengan Metode OutingClass pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Majegan Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Skripsi ini tidak diterbikan. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Handayani, Oktarina Dewi. (2019). Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai Sarana Sosialisasi bagi Anak. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8 No. 2.
Herliandry, L D. Dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Online). Vol. 22 No. 1.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman. Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.
Kiromi, Ivonne Hafidlatil. (2018). Pengaruh Metode Role Playing / Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa pada Anak. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No.1.
Latifah, U & Sagala A.C.D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA. (Online).
Maryanti, Selfa. Kurniah, Nina. Yulidesni. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4 (1). Hal. 22-31.
Maryanti, S. Dkk. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4 No.1.
Muali, Chusnul. (2016). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 2.
Pranandari, Ivania Agatha. (2020). Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianda Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi ini tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Purossani, Adityo Gari. (2015). Pendampingan Pembelajaran Luar Sekolah Berbasis Wisata pada Anak SD di Gembira Loka Zoo. Skripsi ini tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, Rindang Rizky. Nurislaminingsih, Rizki. (tidak ada penulisan tahun). Analisis Kegiatan Outing Class sebagai Media Promosi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warung Pasinaon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Semarang: universitas diponegoro.
Ridwan, Muhammad. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Outing Class untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. Skripsi ini tidak diterbitkan. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.
Rolina, Nolva. (tidak ada tahunnya). Memahami Psikologi Perkembangan Anak bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini.
Rosyid, M H, dkk. (2019). Outdoor Learning. Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
S, Patonah. SB. Rahardjo, Cari, dkk. (2018). Potensi Kegiatan Outing Class untuk Meningkatkan Lingkungan Kesadaran untuk Guru Pra-Jabatan Sekolah Dasar. International Journal of Pedadogy and Teacher Education. Vol. 2.
Santrock, J.W. 2012. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13. Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.
Setiawan, Deny. (Tidak ada tahun). Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Medan: FIS Universitas Negeri Medan.
Sujiono, Y N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Suryaningsih. (2012). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS di Kelas V SD N Nanggulan Maguwoharjo. Artikel Journal PGSD.
Utami, Febriyanti. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4.
Widiasari, Choiriyah. Almahi, Humaam. Prasetyoningrum, Dewi. dkk. (2019). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melalui Kegiatan Outing Class di RA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan. Vol. 1. No. 2.
Wulandari, H & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (Online). Vol. 5 No.1.
Yansaputra, Galih. Pangestika, Rintis Rizkia. (2020). Peningkatan Sikap Sosial Positif melalui Outing Class Permainan Tradisional Interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rizka Lailatul Rahmawati, Fikri Nazarullail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506