Merekam Perkembangan Moral Anak Usia Dini: Implementasi Asesmen Formatif pada Nilai Agama dan Budi Pekerti di TK IT Yakholqi
Abstract
Asesmen merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk memantau perkembangan moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi instrumen asesmen formatif serta mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi asesmen formatif dalam capaian pembelajaran nilai agama dan budi pekerti di TK IT Yakholqi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelompok B1 dan B2, serta orang tua. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK IT Yakholqi menggunakan instrumen asesmen formatif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yaitu ceklis, catatan anekdot, hasil karya, dan foto berseri. Keunikan dari TK IT Yakholqi pada penggunaan buku prestasi sebagai alat penilaian perkembangan nilai agama dan budi pekerti anak, khususnya dalam kegiatan pembiasaan mengaji Qur’an Sidogiri yang menjadi ciri khas lembaga. Dalam perencanaan asesmen, guru dan kepala sekolah menyusun tujuan pembelajaran d an instrumen secara kolaboratif yang selaras dengan Kurikulum Merdeka. Pada proses pelaksanaannya, guru melakukan asesmen awal dengan pertanyaan pemantik dan asesmen harian selama kegiatan inti. Evaluasi dilihat pada ketercapaian tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Lembaga pendidikan perlu mendukung terjalinnya kolaborasi yang efektif antara guru dan orang tua dalam pelaksanaan asesmen, serta meningkatkan kapasitas guru dalam merancang dan memanfaatkan asesmen formatif untuk memahami perkembangan nilai agama dan budi pekerti secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addini, S. N., & Widyasari, C. (2022). Effect of Experimental Methods on Early Children’s Creativity. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(1), 31–57.
Alimudin, A., Cahyo, E. D., Yulistia, A., & Sinaga, S. I. (2023). Assesmen Kurikulum Merdeka Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 24–34.
Anawaty, M. F., Nisa, T. F., & Syafitri, I. C. (2024). Dari Rumah ke Sekolah: Keterlibatan Orang Tua dalam Asesmen Perkembangan Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 10(2), 121–133.
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami Indriyanti, H., Alhapip, L., & Setiyowati, D. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah.
Anggraini, R., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin. Journal of Education Research, 5(3), 3514–3524.
Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Asrul, A., Ananda, R., & Rosinta, R. (2014). Evaluasi pembajalaran. Bandung (ID): Ciptapustaka Media.
Bali, E. N., Ndeot, F., Koten, A. N., & Margiani, K. (2023). Pengelolaan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di Kabupaten Sumba Timur NTT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3030. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15183.
Berliana, D., & Atikah, C. (2024). Implementasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1545–1552.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Pustaka Belajar.
Daryanto, A. S. (2024). Potret Pendidikan di Indonesia. Mutiara Aksara.
Daulay, M. I., & Fauzidin, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 9(2), 101–116.
Dini, J. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Pembiasan Morning Activity pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5495–5505.
Fatmawati, D. S. (2021). Studi Analisis Pelaksanaan Asesmen terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di KB X Pangandaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 109–117.
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Fuadia, L. A., Musbaiti, M., & Pramesti, S. L. D. (2023). Analisis Instrumen Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 315–327.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660.
Hibana, S. A., Rohimah, Y., Fajarrini, A., Sari, D. M., Umam, A. N., Awaliyah, T., Hukamak, S., Fajzrina, L. N. W., Meilasari, D., & Nurjanah, A. (2022). Asesmen Pembelajaran PAUD.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Maula, I., Pangastuti, R., & Nurhayati, I. (2021). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Azka Pustaka.
Milles & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335.
Ningsih, S. A., Basyari, A. M., Rohaeni, A., & Nugraha, R. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(3), 3803–3818.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.
Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1), 1–14.
Priyanti, N. Y., & Rahayu, W. (n.d.). Penerapan Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD Sejenis Khulafaur Rasyidin, Bekasi.
Purnama, S., Ulfah, M., Susilo, E., & Amalia, R. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. CV Multiartha Jatmika.
Putra, R., Anawaty, M. F., & Safira, A. R. (2024). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(1), 95–103.
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.
Shepard, L. A. (2000). The role of assessment in a learning culture. Educational Researcher, 29(7), 4–14.
Srinadi, N. N., Agung, A. G., & Yudana, I. M. (2020). Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 84–94.
Sudirtha, I. G. (2022). Asesmen Pembelajaran Paradigma Baru di Era Merdeka Belajar. Orasi Ilmiah. Fakultas Teknik Dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistyowati, C., Waruwu, M., Enawaty, E., & Halida, H. (2025). Analisis implementasi supervisi pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD): Studi literatur sistematis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 416–422.
Susanti, W. M., & Kurniasari, A. F. (n.d.). Nilai Agama dan Budi Pekerti.
Tatminingsih, S. (2022). Implementation of digital literacy in Indonesia early childhood education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1), 12–22.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i2.30892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ima Cahyani Syafitri, Mardiyana Faridhatul Anawaty, Titin Faridatun Nisa'

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506