Tingkat Profesionalisme Ditinjau dari Kualifikasi Akademik Guru PAUD
Abstract
Pendidikan profesional merupakan gerbang awal untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mendorong kemajuan suatu bangsa. Pendidik yang profesional salah satunya yaitu guru PAUD. Profesionalisme guru berkaitan pula dengan tingkat pendidikan. Guru dengan tingkat profesionalisme yang tinggi dapat menjalankan tugas dan fungsi pembelajaran secara ideal serta memahami pendekatan yang dibutuhkan anak dalam proses pembelajaran dan pengembangan potensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat profesionalisme ditinjau dari kualifikasi akademik guru PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, survei online, dan dokumentasi. Jumlah responden sebanyak 123 yang terbagi menjadi dua kategori yaitu 45 guru PAUD linier yang kualifikasi akademiknya SMA memiliki sertifikat pelatihan, pendidikan, atau kursus PAUD, lulusan S1 PGPAUD atau Psikologi dan 78 guru PAUD non linier yang kualifikasinya dari berbagai macam sarjana selain pendidikan S1 PG PAUD atau Psikologi. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney U dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,045 < 0,050, H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat profesionalisme ditinjau dari kualifikasi akademik guru PAUD. Berdasarkan perhitungan bahwa tingkat profesionalisme guru PAUD tergolong tinggi, guru PAUD linier sebesar 86% sedangkan guru PAUD non linier yaitu 64,2%. Aspek profesionalisme tertinggi yang didapatkan guru PAUD adalah dari product criteria yaitu kemampuan guru dalam mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19
Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Christianti, Martha. (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. diakses pada tanggal 04 Oktober 2023.
Dadan, Suryana (2014). Hakikat anak usia dini. diakses pada tanggal 12 November 2023.
Darmawan, dkk. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Banjaran: CV.Eureka Media Aksara
Darmawan, K. A. (2024). The Effect of Board Gender Diversity on the Company: A Literature Review. Journal La Sociale, 5(2), 437–449. https://doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v5i2.1122
Gunawan, A., & Imam, I. K. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(2), 181–185. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.256
Hasanah, Nur. (2015). Dampak kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah ibtidaiyah di kota Salatiga. diakses pada tanggal 20 Oktober 2023.
Hasanah Alfiyatul. (2023). Menjadi Pendidik Anak Usia Dini yang Profesional. diakses pada tanggal 31 Oktober 2024.
Ina, M., Revita, S., Siti Nurul, I., & Dwi Nur, F. (2020). Analisis Kompetensi Guru Dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Peninggilan 05. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 262–275.
Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875.
Karmila, D., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik di Taman Kanak-kanak Pratowi III Ladang Panjang. Jurnal Family Education, 2(2), 227–233. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i2.61.
Karmila, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Stad Dengan Media Pembelajaran Twister Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 7(2), 49–54.
Kencana, Diana Mutiah. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. diakses tanggal 12 November 2023.
Khadijah, I., & Puspita, A. (2023). Reformasi Paradigma Pendidikan: Menuju Pendidikan Merata Dan Bermutu. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 39–48. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JURSHIBYAN/index.
Khotimah, H., Salsabila, K., Maharani, A., & Ananda, R. (2024). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Permasalahannya. 11(2), 279–288.
Komariyah, L., Amon, L., Wardhana, A., Priyandono, L., Poernomo, S. A., Januar, S., & Hadiyanti, D. (2021). Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21.
Kunandar, (2017). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Leli, Halimah. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. diakses pada tanggal 02 Oktober 2023.
Mahartini, K.T., Tristaningrat, M.A.N. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Dasar dalam Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 1.
Manora, H., Khasanah, N. L., & Ertati, E. (2023). Implementasi Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 141–150. https://doi.org/10.37092/bouseik.v1i2.646
Mewangi, & Idris, M. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Sikap Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 1 Mamuju. Ezenza Journal, 2(April), 130–140.
Muhtarom, A. (2016). Analisis Pendidikan Terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) Di Kabupaten Lamongan Periode Tahun 2010 – 2014. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(June), 2016.
Noviana, D., Nisa’, T. F., & Karim, M. B. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 114–124. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6153.
Nurqomah, R. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. ASeri Pblikasi Pembelajaran, 9(1), 27–30. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535
Rakhmania, R., Purwanti, M., & Riyanti, B. P. D. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Memahami Teori dan Praktik Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6591–6608. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5340.
Rejeki, S. (2022). Peran Guru Dalam Penerapan Disiplin Pada Anak Di TK Sepakat Simpang Semadam Aceh Tenggara.
Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 48–58.
Sinaga, D., & Sinaga, S. I. P. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 873–880.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guruterhadap Kualitas Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563
Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Paud Tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Kpsp. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.82
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i1.29444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dewi Mayangsari, Putri Dewi Qalbaniyah, Dwi Nurhayati Adhani, Fajar Luqman Tri Ariyanto, Fikri Nazarullail5

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506