Media Roda Berputar Aksi Untuk Menstimulus Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Rosa Damayanti, Tarich Yuandana, Angga Fitriyono

Abstract


Kemampuan motorik kasar penting untuk di stimulus dalam hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan media roda berputar aksi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini dilakukan 3 tahap uji coba yaitu uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang serta uji coba kelompok besar (uji coba efektifitas media). Subjek penelitian dan pengembangan sebanyak 57 anak, 10 anak untuk uji coba kelompok kecil, 15 anak untuk uji coba kelompok sedang dan 32 anak untuk uji coba kelompok besar (uji efektifitas media). Teknik pengumpulan data menggunakan angket (angket ahli materi, angket ahli media, angket respon anak, angket penilaian pre-test dan post-test) tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai kelayakan media roda berputar aksi untuk mestimulus kemampuan motorik kasar anak menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh media roda berputar aksi dari uji coba ahli materi sebesar 86% berada pada kualifikasi “Tinggi” atau “Layak, tidak perlu direvisi”, uji ahli media sebesar 82% berada pada kualifikasi “Tinggi” atau “Layak, tidak perlu direvisi”, uji coba kelompok kecil sebesar 79% berada pada kualifikasi “Tinggi” atau “Layak, tidak perlu direvisi”, uji coba kelompok sedang sebesar 84,4% berada pada kualifikasi “Tinggi” atau “Layak, tidak perlu direvisi”. Sehingga dapat dikatakan media layak digunakan untuk menstimulus kemampuan motorik kasar anak. Sedangkan hasil efektifitas media roda berputar aksi untuk menstimulus kemampuan motorik kasar anak menggunakan uji nonparametris uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dengan taraf kesalahan 5% diperoleh hasil Asymp.Sig. (2tailed) bernilai 0,001 atau lebih kecil dari ≤ 0,05 maka dikatakan Ha diterima yang berarti media roda berputar aksi memiliki pengaruh atau efektif untuk menstimulus kemampuan motorik kasar pada anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media roda berputar aksi layak dan efektif digunakan dalam menstimulus kemampuan motorik kasar pada anak.


Keywords


Media roda berputar; Motorik kasar; Stimulasi motorik; Anak usia dini; Pengembangan fisik anak

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. D. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. In Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini.

Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas Iv Sdn 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.718

Chalimah, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar Pecahan Biasa Berpenyebut Tidak Sama Di Mi Oleh : Chasifatul Chalimah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya 2020 M / 1441 H.

Devrizal, Rini, R., & Fatmawati, N. (2019). Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung. JPA - Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 1–10.

Dhika Widarnandhana, I. G., Tria Ariani, N. W., & Jayadiningrat, M. G. (2023). Peran Orangtua Dalam Persiapan Anak Usia Dini Menuju Pendidikan Sekolah Dasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 144–155. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3103

Endrawan, I. B., Aliriad, H., Apriyanto, R., Da’I, M., Adi, S., Cahyani, O. D., Santoso, S., & Muryadi, A. D. (2023). The Relationship Between Sports And Mental Health: Literature Analysis And Empirical Study. Health Education and Health Promotion, 11(2), 1001–1011.

Fadilla, N., Suwignyo Prayogo, M., Putri, R., Fadilah, N., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Kiai, U., Achmad, H., & Jember, S. (2023). Penerapan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar: Literatur Review. PENDIKDAS Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 1–9. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Gagne, & Briggs. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal Of Student Research (JSR), 1(1), 283-294

Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1192

Hamka. (2022). Media Pembelajaran. CV Eureka Media Aksara.

Hasni, U., & Amanda, R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13537

Indriani, D., Muslihin, H. Y., & ... (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1180–1187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5414%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/5414/3916

Komari, & Aslan. (2025). Menggali Potensi Optimal Anak Usia Dini : Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11, 68–78.

Laili, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KERANJANG RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN. In Pharmacognosy Magazine (Vol. 75, Issue 17).

Lestari, A. R., Yuandana, T., Fitriyono, A., Pendidikan, F. I., Madura, U. T., & Dini, A. U. (2024). Studi Analisis Kebutuhan Stimulasi Kemampuan Motorik. 9(1), 126–136.

MAHMUD, B. (2018). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Nasution. (2016). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470-477

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229–241. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1518

Prisma, Z., Chasanah, U., & Mukaffa, Z. (2023). Penggunaan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Pemahaman Tajwid Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 45–55.

Ramadhani, R., & Sinaga, R. (2021). Metodologi Pengembangan Motorik anak Usia Dini Berbasis Project.

Ramansyah, W., & Brian, T. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Appypie pada Bahasan Pengenalan Robotika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 1(April), 72–79. https://doi.org/10.30998/psnkaluni.v1i0.12

Rina & Sukanti. (2016). Penerapan Pembelajaran TGT Dengan Roda Putar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa SMKN 1 Tempel. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 35-44.

Sri, 2020. (2021). Modul Media Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–127.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Y. sofia Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277-286.

Syafdaningsih, S., Hasmalena, H., Rukiyah, R., Sofnidar, S., Pagarwati, L. D. A., Siregar, R. R., Zulaiha, D., Stevany, D., & Safitri, M. I. (2023). Manfaat Kegiatan Outbound dalam Stimulasi Perkembangan kognitif Anak Usia Dini dari Perspektif Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6700–6708. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5382

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Triyanti. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak Kanak Negeri Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Jurnal Alayya, 1(1), 34–56.

Yuandana, T. (2021). Metodologi Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Dan Kasar Anak Usia Dini.

Zaman. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2), 3928-3936.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i1.29368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rosa Damayanti, Tarich Yuandana, Angga Fitriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats