Analisis Penerapan Hadits untuk Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Mutiara Bunda Kenjeran Surabaya

Elly Andriani, Wahono -, Tri Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan hadits dalam stimulasi perkembangan sosial emosional anak Usia 4-5 Tahun. Perkembangan sosial emosional pada anak merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan kemampuan berinteraksi dalam kehidupan sosial. Dalam konteks ini, hadits Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup dapat memberikan nilai-nilai yang relevan untuk membentuk sikap positif pada anak, seperti kasih sayang, empati dan kerjasama. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji bagaimana hadits-hadits tertentu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan anak, baik dirumah maupun di lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus terhadap penerapan hadits-hadits yang relevan yang dapat mendukung pengembangan karakter sosial emosional pada anak, dengan subjek penelitian mengarah pada   anak usia 4-5 tahun dengan populasi 8 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hadits-hadits yang menekankan pentingnya kasih sayang, toleransi, kejujuran, dan saling menghormati memiliki potensi yang besar untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari untuk memperkuat aspek sosial emosional anak. Penerapan nilai-nilai hadits ini diterapkan melalui hafalan, peneladanan dan praktik langsung dalam interaksi sosial anak diharapkan dapat memperkuat kecerdasan sosial emosional anak dan membentuk karakter positif. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya integrasi ajaran agama dalam pendidikan anak, khususnya untuk mengembangkan aspek sosial emosional pada anak  usia dini.

 


Keywords


Hadits, Perkembangan Sosial Emosional; Anak Usia Dini; Pendidikan; Nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Amalia, J., Jaelani, A. K., & Rachmayani, I. (2023). Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 149–155.

Anjani, R. S. (2023). Al-Qur’an dan hadist sumber hukum dan pedoman hidup umat Muslim. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 531–541.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1993). Kualitatif dasar-dasar penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif dan desain riset : memilih di antara lima pendekatan. Pustaka Pelajar.

Fauziah, T., Asmawat, L., & Fahmi, F. (2022). Penerapan Teknik Membaca Nyaring Dalam Kegiatan Menghafal Juz’amma Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Annizhomiyyah Labuan. Jurnal Golden Age, 6(2).

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1).

Hikmah, D. R. N. (2022). Kurikulum pendidikan Islam anak usia dini. Yayasan Bait Qur’any At-Tafkir.

Hurlock, E. B. (2020). Perkembangan anak jilid 1.

Ismira, I., As Sayfullooh, I., Jendriadi, J., & Melindawati, S. (2022). Analisis Penggunaan Metode Tikrar Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Menghafal Hadis Di Kelas 5 SDIT Syahiral Ilmi Bukit Tinggi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3).

Isnaeni, R. F., & Suryadilaga, M. A. (2020). Pendidikan Hadis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 2(1).

Malikhah, F., & Rohinah, R. (2019). Penerapan Metode gerakan untuk Menghafal Hadis pada anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 25–34.

Mardiyati, I. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami Anak Usia Dini Pada Masyarakat Perkotaan. Jurnal At-Turats, 9(1), 35–47.

Meilanda, L., Hamzah, A., Atika, N., Choirunniswah, C., & Putri, Y. F. (2024). Program Diniyah Dalam Pembentukan Karakter Religi Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Fenomenologi Pada Daycare Kota Palembang). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16005–16013.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Mulyaningsih, L. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Buku Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW (Study Kasus di PAUD Terpadu Malikah Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat) . Institut PTIQ Jakarta.

Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., Mm, C. Q. M., Santoso, Y. H., Se, S., Paharuddin, S. T., Suacana, I. W. G., & Indrayani, E. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.

Nisa, Z., Amal, A., Nilawati, A., Pgpaud, P. P. G., & Makassar, U. N.

(2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1).

Pulungan, N. H., & Hayati, N. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 4(2), 528–538.

Putri, H. A., & Nursholichah, K. U. (2024). Implementasi Living Hadist Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Annur 2 Yogyakarta. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(2), 159–170.

Rambe, A. A., Supriadi, U., Firmansyah, M. I., Dwietama, R. A., Putri, A. N. C., Rahardja, M. N. A., & Marbun, J. (2024). Pendekatan Kasih Sayang dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 438–452.

Kanu, R. (2022). Penerapan Metode Terjemah Dalam Menghapal Hadist Pada Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Qurrotaa’yun Tinggede Palu. Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

Riqqoh, S., Syaikhu, A., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits pada Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 142–153.

Salamah, M. (2020). Pemahaman Menyayangi Binatang Bagi Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits. Jurnal Raudhah, 8(2).

Sari, P. P., Rahman, T., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171.

Suprayitno, D., Ahmad, A., Tartila, T., Sa’dianoor, S., & Aladdin, Y. A. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Teori Komprehensif dan Referensi Wajib bagi Peneliti. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Syukron, A., & Yudha, R. P. (2025). Metode Storytelling Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Generasi Emas, 8(1), 1–13.

Wahyuni, S., Susanti, S., Darfin, S. A., Nurwajah, N., Rimadani, N., & Sari, N. (2025). Aspek-Aspek Kunci dalam Perkembangan Anak pada Masa Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), 264–271.

Wijaya, E., & Nuraini, F. (2024). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 9–13.

Zamana, M., & Rahmah, S. (2018). Kreativitas Guru dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 221–230.

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i1.29198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Elly Andriani, Wahono, Tri Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats