Pengaruh Media Flashcard dalam Perkembangan Bahasa Daerah Kutai pada Anak Usia 5-6 Tahun

Annisa Mustikhatul Hidayah, Adharina Dian Pertiwi

Abstract


Pertumbuhan individu pada masa golden age mencakup segala elemen dan aspek perkembangan, salah satunya adalah aspek perkembangan bahasa. Pertumbuhan bahasa pada anakdengan rentang usia 0-6 tahun merupakan aspek yang krusial dalam perkembangan holistik mereka. Bahasa memiliki berbagai jenis mulai dari bahasa ekspresif, bahasa reseptif dan juga keaksaraan. Salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan keaksaraan anak dengan media flashcard. Tujuan kajian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemberian treatment berupa media pembelajaran flashcard memiliki pengaruh dalam perkembangan berbahasa daerah khususnya pada aspek keaksaraan anak dengan kisaran usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pengujian paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa uji signifikansi (2-tailed) adalah <0,001, sehingga nilai p <0,05. Dengan demikian, pernyataan pada hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ketika Ha diterima maka dikatakan media flashcard memiliki pengaruh dalam perkembangan bahasa daerah Kutai pada anak-anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Dengan demikian media flashcard dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif untuk mengoptimalisasi perkembangan seperti aspek berbahasa terutama dalam konteks keaksaraan.


Keywords


Anak Usia Dini; Bahasa Daerah; Bahasa Kutai; Keaksaraan Awal; Media Flashcard

Full Text:

PDF

References


Agung, A., Warmadewi, I. M., Made, I., & Mahayana, A. (2021). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua Pemandu Wisata Lokal di Desa Bongkasan Pertiwi: Hipotesis Krashen. LINGUA, 18(1), 174–184. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.692.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14.

Andaliftya, G. P., Fadhilah, H. N., & Sukma, R. R. (2023). Penerapan Metode Drilling dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris dan Arab pada Anak Usia Dini. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(8). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.

Angeling, Mahadiva, T., Najwa Ghinarahima, C., Destalova Azzura, C., Markus Idulfilastri, R., & Marella, B. (2024). Flashcard : Pengenalan Jenis Dan Regulasi Emosi Pada Anak Usia Dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14795–14810. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12300.

Anindito Aditomo, Yogi Anggraena, Fitri Anggriani, & Ignatia W. Sumule. (2024). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi (A. N. Aini & J. Setiyono, Eds.).

Anwar, M., Arifin, S., & Hefni Asnan. (2018). Campur Kode Bahasa Indonesia dan Bahasa Kutai Dialeg Tenggarong kota di Kantor Desa Separi Kabupaten Kutai Kartanegara. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/adjektiva.v1i1.835.

Astini Korompot, S. (2023). First language development on children: the literature review analysis. JETLI, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58194/jetli.v2i1.693.

Budela, R. M. (2022). Metode Pembelajaraan Membaca Pada Anak Usia Dini (Kajian Teoritik Metode Glenn Doman). AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i1.2043.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Keempat). Pustaka Pelajar.

Dash, B. B. (2023). Noam Chomsky’s Language Structure And Language Use: A Critique. Journal of English Language and Literature, 11(1), 12–13. https://doi.org/10.33329/rjelal.11.1.12.

Dede Khoeriah, N., Darmawan, I., Fadilah Al Nisa, H., & Ramlan, R. (2023). Menumbuhkan Minat Literasi Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak Ar Rahman Motik. Al- Afkar; Journal for Islamic Studies, 6(2). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.567.

Diu, A. R., Rahmat, A., & Dalulu, U. A. (2022). Pelestarian Bahasa Daerah Gorontalo Dalam Aktivitas Belajar Anak Usia Dini Di Desa Lemito Utara Kecamatan Lemito. Student Journal of Community Empowerment (SJCE), 1(2). https://doi.org/10.3741.

Elitasari, H. T. (2019). Pengembangan Media Puzzle Kata Berbasis Teknik Montessori Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I Sd. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadhillah Alfaizal, F. (2023). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan metode Glenn Doman berbantuan multimedia interaktif pada siswa kelas V sekolah dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 4. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.

Fajri Isnindyawati, A., Prasetiyawati, D., & Hariyanti, D. (2023). Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Media Flashcard Pada Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini “Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan.”

Feez, Susan. (2011). Montessori and early childhood : a guide for students. SAGE.

Firdaus, K. N., Indahwati, L., & Wati, L. R. (2019). Perbedaan Efektifitas Antara Stimulasi Bahasa dengan Metode Glenn Doman Melalui Kartu Edukasi Bergambar dan Kartu Edukasi Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Journal of Issues in Midwifery, 3(3), 88–96. https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2019.003.03.4.

Hatiningsih, N., & Adriyati, P. (2019). Implementing Flashcard to Improve the Early Reading Skill. Atlantis Press, Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 304. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.71.

Hening Prastiwi, M. (2019). Overview of Growth and Development in Children Age 3-6 Years. JIKSH, 10. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162.

Herlida Sari, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Penggunaan Media Flashcard. Kumaracitta, 2. https://ejournal.windari.com/index.php/kum

Hidayat, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini. Journal On Teacher Education, 3(2).

Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Univeritas Diponegoro.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140.

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317.

Jannah, M. (2023). Perkembangan Otak Pada Masa Anak Usia Dini: Kajian Dasar Neurologi dan Islam. Bunayya, 12(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.18499.

Joseph, R., & Wahing, C. (2021). “John Locke On the Relation of Language in Man’s Acquisition of Knowledge.” https://philosophybreak.com/articles/john-lockes-empiricism-why-we-are-all-tabula-rasas-blank-slates/.

Juanda, J., & Azis, A. (2023). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 4 Tahun 3 Bulan di Makassar Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1465–1478. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4113.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Kemendikbud .

Larosa, N., Qamariah, H., & Rosdiana. (2020). The Implementation Of Repetition Drill In Teaching Speaking Skill. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Lee, H.-I., Qin, Q., Li, R., Xiong, H., & Lin, T.-Y. (2021). A Study of Factors Affecting Foreign Language Learning Motivation in Chinese Higher Education. 2nd International Conference on Education Development and Studies, 84–88. https://doi.org/10.1145/3459043.3459052.

Lenaini. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Historis, 6(1).

Liliard, A. S. (2005). Montessori The Science Behind The Genius (1st ed.). Oxford University Press, Inc.

Lozy, E. D., & Donaldson, J. M. (2019). A comparison of traditional drill and strategic incremental rehearsal flashcard methods to teach letter–sound correspondence. Behavioral Development, 24(2), 58–73. https://doi.org/10.1037/bdb0000089.

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 1.

Montessori, M. (1949). The Absorbent Mind. The Theosophical Publishing House.

Mudin, Moh. I., Ahmad, A., & Rohman, A. (2021). Potensi Bawaan Manusia: Studi Komparatif Teori Tabularasa dan Konsep Fitrah. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 231–252. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.9359.

Mulvey, N., & Jenkins, L. (2021). Language Skills as Predictors of Social Skills and Behaviors in Preschool Children. Contemporary School Psychology, 25(4), 503–514. https://doi.org/10.1007/s40688-020-00281-1.

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600.

Nirmalasari, susanti, & Lubis, K. (2022). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Bergambar. Hibrul Ulama: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 2022.

Novianti, I., & Budiarti, E. (2024). Penerapan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dalam Upaya Pemenuhan Hak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Nurwanti, K., & Amelia, L. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran Anak Usia 5-6 di TK Dharma Wanita Labuhan Haji Barat. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.14716.

Olulade, O. A., Seydell-Greenwald, A., Chambers, C. E., Turkeltaub, P. E., Dromerick, A. W., Berl, M. M., Gaillard, W. D., & Newport, E. L. (2020). The neural basis of language development: Changes in lateralization over age. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(38), 23477–23483.

https://doi.org/10.1073/pnas.1905590117.

Peraturan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (2014). ://kdpelmjpfafjppnhbloffcjpeomlnpah/https://luk.staff.ugm.ac.id/

Pertiwi, A. D., Kartika, W. I., Istiqomah, N., & Hidayah, A. M. (2023). Analisis Video Animasi dalam Kemampuan Bahasa Daerah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682.

Pertiwi, S. I., Wagino, & Mudjito. (2020). Glenn Doman Method Improves Early Reading Ability in Children With Autism. Atlantis Press Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities, 491. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.038.

Pola Anto, R., Nikmatullah Nur, Ms., Sc Yusriani, M., Fenni Kurniawati Ardah, Mk., Juwita Desri Ayu, Sp., Adi Nurmahdi, Mk., Baiq Ahda Razula Apriyeni, M., Purwanti, Ms., Narita Yuri Adrianingsih, M., & Miftah Fariz Prima Putra, Ms. (2024). Metode Penelitian Kualitatif:Teori dan Penerapannya (N. I. T. Septian, Ed.). Tahta Media Group.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787.

Puspitasari, F., Andriansyah, A., Riani Guspita, A., Adha Hakim, A. A., & Zahra, N. (2022). Implementasi Flashcard Sebagai Media untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri 016 Kelurahan Sungai Perak. Jurnal Trimas Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Putri, M. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Literasi di TK RumahKu Tumbuh. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 77–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38748.

Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android Aksara Jawa Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Agustus, 2(3), 195–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p195.

Rahmatika Safitri, A., & Herli Sundi, V. (2024). Efektivitas Penggunaan Flashcard dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 UPTD SD Negeri Serua 01 Tangerang Selatan. Transformasi Pembelajaran Digital Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermutu Dan Berakhlaqul Karimah.

Revalita Candraloka, O., & Nor Laila, A. (2019). Developing Colour Guide Flashcard Helping Song to Improve Speaking Skill. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 287. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icesre-18.2019.34.

Riadoh, & Larasati. (2024). Penggunaan Media Flash Card dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 167–180. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.815.

Rohmatillah, N. N., Sari, L. P., & Primitasari, D. T. (2023). Pengaruh Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajakdengan Financial Distress Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pereode 2017 – 2020. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur, 1.

Rokayah, I. (2023). Meningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Permainan Kartu Kata Pada Siswa Tunagrahita Ringan kelas 2 SDLB. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.199.

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353.

Sawitri, M., Maryono, M., & Noviyanti, S. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Metode Glenn Doman Berbantuan Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 465–472. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1424.

Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Seminar Nasional Pendidikan Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals(SDCs) Di Era Society 5.0.

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, dan Fungsi Media Pembelajaran MA AL-Huda Karang Melati. Jurnal Idaaratul ’Ulum, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.70688/idaarotululum.v4i02%20Desember.244.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Syafriani, D., Darmana, A., Andi, F., Dwy, S., & Sari, P. (2023). Statistik Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan (Cara dan Pengolahannya dengan SPSS) (E. Setiawan & H. Sukma, Eds.; 1st ed.). Eureka Media Aksara.

Tama, M. M. L., & Oktriani, H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Media Flashcard di Denali Development Centre. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2745–2751. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1635.

Vania, H., & Hananto. (2024). Menggunakan Flashcards untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca pada Siswa TK A Methodist Jakarta. IRJE(Indonesian Research Journal on Education), 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1082.

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1).

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734.

Wathon, A., & Kamila, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun A Wathon. Open Journal System, 7(2).

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190.

Xu, X., & Ingason, A. K. (2021). Developing Flashcards for Learning Icelandic. In Proceedings of the 10th Workshop on Natural Language Processing for Computer Assisted Language Learning (NLP4CALL. www.malfong.is/files/mim_tagset_files_en.pdf.

Zainuddin, M., & Wijayanti, S. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar dan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Kutai Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kec. Tenggarong. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 94–103. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1013.

Huda, N. Z., Nurfadillah, S., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Implementasi Kedwibahasaan terhadap Kemampuan Kognitif dalam Keterampilan Menulis. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.820.

Zulham, M. (2021). Pengaruh Metode Stimulus Respon terhadap Daya Serap pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 203–212. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.617.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i1.28752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Annisa Mustikhatul Hidayah, Adharina Dian Pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats