Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5 – 7 Tahun dalam Extended Family
Abstract
Peran dari lingkungan sangat berpengaruh pada kemampuan membaca permulaan anak usia dini, seperti lingkungan keluarga yang merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-7 tahun dalam extended family. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan penyebaran angket yang disertai e-card sebagai APE dalam tahap membaca permulaan. Terdapat sembilan instrumen yang digunakan dalam penilaian. Pada kemampuan pengenalan huruf vokal didapatkan hasil rata-rata sebanyak (4,6) dan pada huruf konsonan mendapatkan hasil rata-rata (4,1). Pada indikator mengeja suku kata dibagi menjadi empat subindikator dan memperoleh hasil rata-rata yang sama pada mengeja konsonan vokal dan Vok-Kon-Vok yaitu (4,1). Sedangkan, pada huruf Kon-Vok-Kon-Vok sama dan Kon-Vok-Kon-Vok beda diperoleh hasil rata-rata masing-masing yaitu (4,0) dan (3,7). Selanjutnya pada indicator mengeja suku kata mengandung dibagi menjadi tiga subindikator, dimana pada kemampuan mengeja Kon-Vok-Kon-Vok-Kon diperoleh (2,5) pada konsonan ganda diperoleh hasil rata-rata (2,1), dan diperoleh hasil rata-rata (2,4) pada huruf diftong. Rata rata hasil penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-7 tahun dalam extended family adalah 3,5 dari 5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kemampuan membaca permulaan awal pada anak usia 5-7 tahun dalam extended family menunjukkan bahwa peran extended family berpengaruh dalam perkembangan bahasa anak, khusunya dalam kemampuan membaca permulaan awal. Maka dari itu, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengkaji peran extended family dari aspek perkembangan yang lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, R. N., & Ain, S. Q. (2024). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 1029–1036. https://jurnaldidaktika.org
Alfiana, R., Kuntarto, E., Oktavianto, A. W., & Julianty, E. P. (2019). PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Awlaa, S. (2017). Peran Keluarga (Nuclear Family Dan Extended Family) Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Di Paud Surabaya. Journal Dinamika Pendidikan, 53(9), 1689–1699.
Cindy, I., & Mavianti, M. (2024). Pengenalan Bahasa Indonesia melalui Metode Berbentuk Gambar pada Anak 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 134–144. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.493
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.
Fikri, Neviyarni, & Syukur, Y. (2021). Hakekat Keluarga dan Dasar Pembentukan Keluarga. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i1.584
Fitriyani, F., Sumantri, M. S., & Supena, A. (2019). Language development and social emotions in children with speech delay: case study of 9 year olds in elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 23–29. https://doi.org/10.29210/130600
Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Hardyanti, S., Karmiyati, D., & Hidayati, D. S. (2017). Parenting self efficacy ayah pada nuclear dan extended family. Ilmiah Psikologi Terapan, 3(8), 85–102. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html
Horsnall, V. (2023). The secret life of twins: we’d tell you if we could! Parental perspectives on the early language acquisition of twins and twin language study (Issue July).
Jayanti Monica Gulo. (2021). Perbedaan Antara Persepsi Bunyi dan Produksi Ujaran Fonologis. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 18–20.
Khanifah, U., & Siswoyo, A. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Tambak Kemerakan. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 261–270. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.1087
Longo, V., Saadati, N., & Karakus, M. (2024). Exploring the Role of Extended Family in Child Rearing Practices Across Different Cultures. Journal of Psychosociological Research in Family and Culture, April, 4–12. https://www.researchgate.net/profile/Solmaz-Bulut/publication/380131182_The_Psychosocial_Impact_of_Migration_on_Family_Roles_and_Identity_Authors/links/66314fc47091b94e93e9c90a/The-Psychosocial-Impact-of-Migration-on-Family-Roles-and-Identity-Authors.pdf
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Nasution, N. K. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 145–170. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.10683.
Ouellette, G. P., & Haley, A. (2013). One complicated extended family: The influence of alphabetic knowledge and vocabulary on phonemic awareness. Journal of Research in Reading, 36(1), 29–41. https://doi.org/10.1111/j.1467-9817.2010.01486.x.
Paturrahman, A., Puspita, D., Helena, & Noviyanti, S. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 11200–11210.
Pertiwi, A. D. (2016a). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372.
Pertiwi, A. D. (2016b). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372.
Pradita, E. L., Kumala Dewi, A., Nasywa Tsuraya, N., & Fauziah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1238–1248. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3164–3170. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1185.
Putri, T. A., Herman, Herlina, Wahyuni, A. A. S., & Dzulfadhilah, F. (2024). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. 11, 125–136.
Rahayu, F. R. W., & Wardhani, J. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375.
Rezieka, D. G., & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 294–303.
Robingatin, & Ulfah, Z. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Romadhon, S., Mita Cintiya Sari, & Mochamad Arifin Alatas. (2024). Dampak Pemanfaatan Gawai terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun: Pendekatan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 478–490. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12906.
Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.44.
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98.
https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa
Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Syafira, Z., Anesty Mashudi, E., & Nenden, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Papan Bingo. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 677–691. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.638
Syafrudin, U., Oktaria, R., & Sari, M. R. (2022). Studi Kasus Kesulitan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Syuja, N. E., & Nur, D. R. K. (2024). Pengaruh media bingo suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak disabilitas intelektual di SLB Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 19(03), 12–16.
Thoomaszen, F., Kiling, I. Y., & Kiling, B. N. B. (2016). Identifikasi Afeksi Paternal Pada Ayah Dari Anak Usia Dini Di Kota Kupang. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.21009/jiv.1101.6
Wachidah, L. R., & Putikadyanto, A. P. A. (2024). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Ramah Anak pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 207–218. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.12773.
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940.
Wardhana, A. (2022). Penelitian Survei, Proses Penelitian, Masalah Dan Hubungan Antar Variabel Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Yulianti, E. S., Afifah, K., Lestari, E., Sjamsir, H., & Pertiwi, A. D. (2022). Peran Extended-Nuclear Family terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(2), 94–104.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i2.28559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Karina Cahya Kamila, Juwita Novita Sari, Salsabilla Rizqi Aulia, Ellysabeth Tabita Octaviani, Adharina Dian Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506