Kelsata Tingkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini Tentang Pengelolaan Sampah
Abstract
Dampak negatif dari kebiasaan buruk manusia terhadap lingkungan sudah mulai terasa. Beberapa kejadian seperti meningkatnya suhu panas, banjir, atau menurunnya kualitas air menjadi pertanda bahwa manusia perlu berbenah diri untuk lebih memikirkan lingkungan ketika beraktivitas dan memulai kebiasaan baru untuk mampu hidup selaras dengan alam. Pengetahuan dan kemampuan untuk hidup selaras dengan alam harus dibentuk sejak dini agar menjadi kebiasaan yang terus dilakukan. Salah satu pengetahuan yang harus dikenalkan kepada anak adalah pengelolaan sampah. Hal ini didukung oleh tema besar pembelajaran dalam Kurikulum PAUD Merdeka, yaitu Aku Sayang Bumi. Oleh karena itu, Kelsata dirancang untuk menjadi media pembelajaran untuk tujuan pembelajaran tentang pengelolaan sampah pada anak. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE di TK di Bangkalan. Media telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner rating scale. Berdasarkan hasil penelitian, media ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah pada anak usia dini, sehingga harapannya Kelsata dapat disebarluaskan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, I. R., Maniruzzaman, K. M., Dano, U. L., AlShihri, F. S., AlShammari, M. S., Ahmed, S. M. S., Al-Gehlani, W. A. G., & Alrawaf, T. I. (2022). Environmental Sustainability Impacts of Solid Waste Management Practices in the Global South. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(19).
Agut, M. P. M., Ull, M. A., & Minguet, P. A. (2014). Education for sustainable development in early childhood education in Spain. Evolution, trends and proposals. European Early Childhood Education Research Journal, 22(2), 213–228. https://doi.org/10.1080/1350293X.2013.783299
Amri, C., & Wahyu, W. (2017). Pendampingan Pembelajaran Memilah dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Dini di TK Imbas. International Journal of Community Service Learning, 1(3).
Arisandi, A., Farid, A., & Muskaromah, S. (2020). Pengelolaan Sampah Plastik yang Mencemari Saluran Irigasi Sungai Tonjung Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 53–58. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7493
Bahtić, K., & Višnjić Jevtić, A. (2020). Young Children’s Conceptions of Sustainability in Croatia. International Journal of Early Childhood , 52, 195–211.
Borman, I. R., & Purwanto, Y. (2019). JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika). JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(2).
Dahlan, F. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Membedakan Dan Mengelompokkan Sampah Berdasarkan Organik dan Anorganik Pada Siswa TK Al Azhar Syifa Budi. Academy of Education Journal, 1(1).
Damayanti, I., Sofyan, H., & Hasni, U. (2023). Pengembangan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 8243–8254.
Fadlilah, A. N., & Muqowim, M. (2020). The Effective and Creative Method to Teach Environmental Care Attitudes for Early Childhood. Indonesisn Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2).
Fitrian, R. E. R. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenai Klasifikasi dan Pengolahan Sampah Berdasarkan Jenisnya. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(8).
Gule, Y., Limbong, N. L. B., Tarigan, P. P. B., & Tarigan, F. A. (2023). Edukasi Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup Sejak Dini. Jurnal Abdidas, 4(1), 75–81. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i1.756
Guslinda, R. K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV Jakad Publishing Surabaya.
Hamsa, A., & Sulaiman, R. (2021). Penyuluhan Pengolahan Sampah Pada Anak di Komunitas Youth Sikolata. Madaniya, 2(3).
Ibnul Rasidi, A., Pasaribu, Y. A. H., Ziqri, A., & Adhinata, F. D. (2022). Klasifikasi Sampah Organik dan Non-Organik Menggunakan Convolutional Neural Network. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1). https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i1.4314
Jørgensen, N. J., Madsen, K. D., & Læssøe, J. (2018). Waste in education: the potential of materiality and practice. Environmental Education Research, 24(6), 807–817. https://doi.org/10.1080/13504622.2017.1357801
Lidwina, I. A., & Purwanti. (2015). Perilaku Peduli Lingkungan dan Pengembangannya pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. JPPK Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6).
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Masykuroh, K., & Wahyuni, T. (2023). Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 172–181.
https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.483
Miller, M. G., Davis, J. M., Boyd, W., & Danby, S. (2014). Learning about and Taking Action for the Environment. Children, Youth and Environments , 24(3).
Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1). http://journal.umg.ac.id/index.php/jieec.
Somani, P. (2023). Health Impacts of Poor Solid Waste Management in the 21st Century. In Solid Waste Management - Recent Advances, New Trends and Applications. IntechOpen.
https://doi.org/10.5772/intechopen.1002812.
Suaedi, & Tantu, H. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup. PT Penerbit IPB Press.
Sudiatmika, I. D. P. A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. MERPATI, 2(2).
Sufia, R., & Arisona, R. D. (2021). Introducing environmental education to early children through 3R activities (an effort for Indonesia free trash). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012030.
UNESCO. (n.d.). Rangkuman Laporan Pemantauan Pendidikan Global 2016. Retrieved October 5, 2024, from https://www.unesco.or.id/publication/Rangkuman_LaporanPemantauanPendidikanGlobal2016.pdf.
Višnjić-Jevtić, A., Lepičnik Vodopivec, J., Pribišev Beleslin, T., & Šindić, A. (2022). Unmasking Sustainability in Early Childhood Education: Teachers’ Voices from Bosnia and Herzegovina, Croatia, and Slovenia. International Journal of Early Childhood, 54(1), 119–137. https://doi.org/10.1007/s13158-022-00321-2.
Widiastuti, T. (2012). Sebuah Konflik Antarbudaya di Media. Journal Communication Spectrum, Vol. 1 No., 147–170.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.
WWF. (2022). Modul Pembelajaran Plastik.
Yulianto, E. (2022). Studi tata kelola sampah dengan mengkaji 3r (reuse, reduce dan recycle) wisata pantai Tlangoh Desa Tlangoh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Yunus, A. I., Sinaga, J., Herliana, E., Syaiful, A. Z., Satriawan, D., Sari, D., Gumirat, M. I. I., Salbiah, Irwanto, Mamede, M., Rustan, F. R., Sari, N. P., & Fahruddin. (2022). Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik. PT Global Eksekutif Teknologi. https://www.researchgate.net/publication/369416739.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i2.27396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dinda Rizki Tiara, Muhammad Busyro Karim, Dwi Cahyanti, Ajeng Rizki Safira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506