METODE PEMBELAJARAN BCCT DALAM MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Umi Ma'rifah A, Amalia Muthmainnah

Abstract


Metode Pembelajaran BCCT Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak USia Dini. BCCT merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini di lembaga saat ini, sehingga mendorong ketertarikan  peneliti untuk meneliti lebih jauh tentang BCCT dengan tujuan untuk mengetahui kebenaran metode tersebut apalagi jika dikaitkan dengan pengembangan nilai moral pendidikan karakter anak usia dini. Nilai moral pendidikan karakter adalah nilai-nilai penting yang perlu dimiliki dan diajarkan pada anak sejak dini dalam berperilaku. Terutama pada tiga komponen yang harus dibiasakan yakni pengetahuan moral, perasaan moral , dan tindakan moral. Sedangkan karakter yang lebih dispesifikkan dalam penelitian ini adalah sikap jujur dan peduli. Sampel dalam penelitian ini adalah anak dari kelompok bermain besar di PAUD-IT CERIA Desa Gambiran Mojoagung Jombang dengan rentang usia 3- 4 tahun. Adapun sampel yang diteliti yakni 8 anak siswa lama dan 8 anak siswa baru dengan jumlah 16 anak  dalam satu kelas.  Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode BCCT dalam pengembangan nilai moral pendidikan karakter  sudah cukup bagus, namun akan lebih sempurna lagi jika di dukung dengan  pendidikan dari keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar anak.

References


Kesuma, D., Cepi, T., Johar, P. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sujiono, Y., N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kuniarti. (2008). Penerapan Pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT) dan Kurikulum yang Sesuai dengan Perkembangan Anak/ Developmentally Aproriate Practice (DAP) pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Istiqomah. (2009). Implementasi Pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelompok Bermain PUD NASIMA Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongi Semarang.

Anonim. (2012). Pendidikan Karakter. (Online). (http://pndkarakter.wordpress.com/category/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-karakter/, diakses tanggal 07 April 2015 pukul 23.10)

Fahrenza, R. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini. (Online). (http://m.kompasiana.com/post/read/675799/2/pentingnya-pendidikan-karakter-sejak-anak-usia-dini.html, diakses tanggal 07 April 2015, pukul 21.25)

Haryanto. (2012). Mengapa Perlu Adanya Pendidikan Karakter. (Online). (http://m.belajarpsikologi.com/pendidikan/read/mengapa-perlu-adanya-pendidikan-karakter.html, diakses tanggal 07 April 2015 pukul 23.10)

Kusmiyati. (2013). Berbagai Perilaku Kenakalan Remaja yang Mengkhawatirkan. (Online). (http://m.liputan6.com/health/read/688614/berbagai-perilaku-kenakalan-remaja-yang-mengkhawatirkan?p=2, diakses tanggal 07 April 2015, pukul 23.22)




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Umi Ma'rifah A, Amalia Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats