Dampak Trauma Healing terhadap Kesehatan Mental Guru PAUD

Restiana Ertika Latifah, Muhammad Halim, Yulia Pratiwi

Abstract


Guru PAUD memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kesejahteraan emosional siswa. Namun, mereka sering menghadapi berbagai tantangan, seperti beban kerja yang tinggi, kurangnya dukungan, dan tekanan untuk mengasah kreativitas. Tantangan tersebut dapat menyebabkan stress dan kelelahan secara emosional, yang mempengaruhi kualitas layanan pendidikan mereka. Emosi negatif guru sebagai orang dewasa, selain ditimbulkan oleh dua hal di atas, dapat juga disebabkan oleh trauma masa kecil. Konsekuensi profesionalnya adalah memengaruhi iklim pembelajaran di kelas dan pengalaman afektif siswa. Oleh karena itu, perlu diprioritaskan untuk mendukung kesehatan emosional guru PAUD dan mengatasi trauma yang mungkin mereka alami. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana dampak trauma healing terhadap kesehatan emosi guru PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampling sebanyak 34 guru PAUD yang diberikan pre test dan post test serta intervensi fokus jantung dan Trauma Tapping Technique (TTT) sebagai trauma healing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi tersebut efektif dalam mengurangi gejala trauma dan sampah mental, yang mendukung teori pemulihan trauma p-value < 0.001 dan adanya penurunan rata- rata skor pre test 7.029, menjadi 4.206 pada skor post test. Intervensi fokus jantung dan TTT terbukti efektif dalam penelitian ini. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi kombinasi intervensi lain yang mungkin lebih optimal. Selain itu, pengembangan program pelatihan yang komprehensif bagi guru PAUD untuk menerapkan teknik-teknik trauma healing juga sangat penting.


Keywords


Guru Pendidikan Anak Usia Dini; Trauma Healing; Kesehatan Emosi; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Achmad, F., Al Hadad, B., & Rasyid, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5182.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.). (5th ed.). American Psychiatric Association.

Anda, R. F., Felitti, V. J., Bremner, J. D., Walker, J. D., Whitfield, C., Perry, B. D., Dube, S. R., & Giles, W. H. (2006). The enduring effects of abuse and related adverse experiences in childhood: A convergence of evidence from neurobiology and epidemiology. European Archives of Psychiatry and Clinical Neuroscience, 256(3), 174–186.

https://doi.org/10.1007/s00406-005-0624-4

Anggadewi, B. E. T. (2020). Dampak Psikologis Trauma Masa Kanak-kanak pada Remaja. Journal of Counseling and Personal Development, 2(2), 1–7.

Bentzen, M. (2021). Neuroaffective Meditation: A Practical Guide to Lifelong Brain Development, Emotional Growth, and Healing Trauma. Simon and Schuster.

Draper, B., Pfaff, J. J., Pirkis, J., Snowdon, J., Lautenschlager, N. T., Wilson, I., & Almeida, O. P. (2008). Long-term effects of childhood abuse on the quality of life and health of older people: Results from the depression and early prevention of suicide in general practice project. Journal of the American Geriatrics Society, 56(2), 262–271. https://doi.org/10.1111/j.1532-5415.2007.01537.x

Hanum, D. M., Ariesti, E., & Sulartri, A. S. (2024). The Effect of Meditation Therapy on Stress Levels in Facing Exams Among. 8(2), 155–160.

Harmsen, R., Helms-Lorenz, M., Maulana, R., & van Veen, K. (2018). The relationship between beginning teachers’ stress causes, stress responses, teaching behaviour and attrition. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 24(6), 626–643. https://doi.org/10.1080/13540602.2018.1465404

Hasni, U., & Amanda, R. S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13537

Herzog, J. I., & Schmahl, C. (2018). Adverse childhood experiences and the consequences on neurobiological, psychosocial, and somatic conditions across the lifespan. Frontiers in Psychiatry, 9(SEP), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2018.00420

Irwanto, P., & Hani Kumala. (2020). memahami Trauma Dengan Perhatian Khusus Pada Masa Kanak-Kanak. Gramedia.

Issom, F. L., & Fachrurozzy. (2022). The Effect Of Teacher Stress On Teacher Well-Being In Teachers Who Teach On Inclusive Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 11(02), 76–83. https://doi.org/10.21009/jppp.112.03

Kyriacou, C. (2015). Teacher Stress and Burnout: Methodological Perspectives. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 23). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92087-7

Maharani, E. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Berbasis Mindfulness Terhadap Tingkat Stres pada Guru PAUD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 100. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12919

Maharani, E. A., & Wati, D. E. (2021). Peran Psychological Well-Being Dan Efikasi Diri terhadap Stres pada Guru PAUD. 13(1).

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Brunout. Annual Review of Psychology, 397–422.

Megawangi, R., Jusung, F., & Halim, M. (2018). Emosi Positif dengan Fokus Jantung: Untuk Fisik Sehat, Jiwa Sehat, dan Cerdas Kreatif (IHF (ed.)). IHF.

MS Belfer, J., & Muguira, S. (2017). The Impact of Positive Emotions on Children. European Journal of Applied Positive Psychology, 1, 1–7. www.nationalwellbeingservice.com/journals

Panari, C., & Simbula, S. (2016). The relationships with work responsibilities, work-to-family conflict and emotional exhaustion among Italian schoolteachers. International Journal of Workplace Health Management, 34(1), 1–5.

Poon, C. Y. S., Hui, V. K. Y., Yuen, G. W. C., Kwong, V. W. Y., & Chan, C. S. (2019). A well-slept teacher is a better teacher: A multi-respondent experience-sampling study on sleep, stress, and emotional transmission in the classroom. PsyCh Journal, 8(3), 280–292. https://doi.org/10.1002/pchj.282

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Reynolds, R. M., Labad, J., Buss, C., Ghaemmaghami, P., & Ra, K. (2013). Transmitting biological effects of stress in utero : Implications for mother and offspring. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2013.05.018

Scheuch, K., Haufe, E., & Seibt, R. (2015). Teachers’ health. Deutsches Arzteblatt International, 112(20). https://doi.org/10.3238/arztebl.2015.0347

Stapleton, P., Sandstrom, U., & Hamne, G. (2018). Evaluating a 3-Week Model for Reducing Symptoms of Stress in Traumatised Youth Using the Trauma Tapping Technique (TTT) for Self-help: A Pilot Trial. OBM Integrative and Complementary Medicine, 3(4), 1–1. https://doi.org/10.21926/obm.icm.1804036

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori (Suryani & U. Rahmawati (eds.)). Bumi Aksara.

Thomas, J., & Reyes, M. E. S. (2024). Understanding the New Stress Factors Affecting Teachers’ Burnout: A Scoping Review. Makara Human Behavior Studies in Asia, 28(1), 1–19.

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273

Wijayanti, C. M., & Fauzi, F. (2024). Dampak Positif Kurikulum Emosional Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.15629

Wong, V. W., Ruble, L. A., Yu, Y., & McGrew, J. H. (2017). Too stressed to teach? Teaching quality, student engagement, and IEP outcomes. Exceptional Children, 83(4), 412–427. https://doi.org/10.1177/0014402917690729




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i1.26701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yulia Pratiwi, Restiana Ertika Latifah, Muhammad Halim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats