Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Tharisa Aurelia Putri, Herman -, Herlina -, Andi Asti Sri Wahyuni, Fitriani Dzulfadhilah

Abstract


Salah satu aspek perkembangan anak agar dapat diketahui keberhasilan belajarnya adalah aspek bahasa. Aspek bahasa meliputi kemampuan membaca permulaan anak. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Nusa Makassar setelah menggunakan media gambar seri. Media Gambar Seri yang digunakan yaitu media yang memuat gambar seri yang menceritakan satu peristiwa/cerita dan dikaitkan dengan tema pembelajaran. Setiap gambar seri memiliki kosa kata yang dapat dipelajari oleh anak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jenis non-equivalent group design. Berdasarkan hasil analisis statistik deksriptif dan non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa tingkat signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 kurang dari 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media Gambar Seri memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Nusa, Makassar. Maka, media gambar seri ini dapat digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan aspek bahasa pada lingkup kemampuan membaca permulaan anak.


Keywords


Kemampuan Membaca Permulaan; Media Gambar Seri; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Asti, A. S. W. (2023). Analisis Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-up Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak. ECEJ: Early Childhood Education Journal, 01(01), 14–19.

Asti, A. S. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. IJEC: Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/10.35473/ijec.v3il.870.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. In Laksita Indonesia.

Candra, W., Amal, A., & Marhamah, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak PAUD Kelompok B TK Pertiwi Banjaran Kab . Brebes Jawa Tengah. Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 84–86.

Dede, H., Rasilah, & Rosefah, R. (2023). Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SDN 2 Pringgacala Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. 08, 2313–2316.

Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7603.

Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 186–195.

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24.

Hajerah, H., & Syamsuardi, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. Seminar Nasional LP2M UNM, 633–636.

Helfitri, S. (2016). Analisis Kemampuan Anak Membaca Permulaan di Kelompok B TK Mujahidin II. Jurnal PG PAUD FKIP UNTAN.

Huda, M. N., Syamsuardi, & Herlina. (2023). Pengaruh Permainan Magic card Terhadap Kemampuan Bercerita Anak. Jurnal Raudhah, 11(2), 179–189.

Ismawati, P., & Widyawati, L. S. (2022). Pengaruh Media Kofabar (Kotak Alfabet Dan Gambar) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B di RA Muslimat Babul Ulum Gumulan Kesamben Jombang. Proceedings of The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 6, 185–192.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. AKTUALITA: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10.

Kurnia, R. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Laboratorium FKIP Universitas Riau. Educhild, 6(2), 91–99.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361.

Muis, I., & Amal, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Kata Dan Gambar Pada Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19707.

Nugrahani, I., Putro, K. Z., & Rohmah, L. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(1), 85–93.

https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.23466.

Primasari, E., Herman, & Praningrum, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Kartu Gambar Dan Kartu Suku Kata. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26442.

Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfhal, 4(1), 78–89.

Purnawati, I. D. A. (2021). Deskripsi Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Plalangan Tahun Ajaran 2020/2021. Repository Universitas Muhammadiyah Jember, 1–10.

Rahmawati, I. (2022). Srategi pembelajaran untuk meningkatkan pengembangan bahasa pendidikan anak usia dini melalui metode bercerita. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(April), 489–501.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islami Dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.

Rozika, S. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Jihadi Depok.

Suryana, D., & Yuanita, S. K. S. (2022). Efektifitas Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2874–2885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2197.

Trisnawaty, S., Amal, A., & Syamsuardi. (2023). Pengaruh Media Lego Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1, 336–341.

Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran Media Gambar Seri Untuk Melatih Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember.

Yuswati, H., & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029–5040. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2908




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i2.26609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tharisa Aurelia Putri, Herman, Herlina, Andi Asti Sri Wahyuni, Fitriani Dzulfadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats