Implementasi Living Hadist Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Annur 2 Yogyakarta

Habibah Afiyanti Putri, Kurnia Utami Nursholichah, Marhumah -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode ini dalam membentuk karakter dan moral anak-anak, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Living hadistt berhasil menginternalisasi nilai-nilai seperti kejujuran, kesabaran, dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari anak. Keterlibatan orang tua dan penciptaan atmosfer islami di sekolah menjadi faktor penting dalam mendukung pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan seperti minimnya keterlibatan orang tua dan pemahaman guru, metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman agama dan karakter anak. Melalui kegiatan kreatif dan komunikasi yang baik, anak-anak tidak hanya belajar tentang nilai-nilai keislaman, tetapi juga mengembangkan kemampuan emosional dan sosial mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dalam konteks pendidikan anak usia dini, serta memperkuat identitas keislaman anak sejak dini.


Keywords


mplementasi; Living hadist; Pembelajaran AUD

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adawiyah, R. (2022). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. NEM.

Al Abza, M. T., Muhyiddin, S., Makatita, A. S., & Sulha, S. (2024). The Motif of the Tradition of Female Circumcision" Patuk Ayam" in the Bugis Community in Jayapura: Studi Living Hadits. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 8(2), 88–102.

Ansar, A., & Abumusa, K. (2023). Implikasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Perspektif Hadis-Hadis Nabi dalam Tinjauan Ilmiah. Education and Learning Journal, 4(2), 134–139.

Aslan, E. (2020). Pembelajaran Hadis untuk Anak Usia Dini. Migration, Religion and Early Childhood Education, 87–99.

Hernawati, H., & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36

Heryanto, B., Sarifudin, A., Herman, H., Maulida, A., & Jabar, A. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 819–830.

Hidayah, N. (2024). Fenomena Living hadist serta Pengaruh Penereapan dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–59.

Isnaeni, R. F., & Suryadilaga, M. A. (2020). Pendidikan Hadis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Hadis Nusantara, 2(1). https://doi.org/10.24235/jshn.v2i1.6745.

Julaika, A., & Fitriani, D. (2024). Analisis Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits di RA Al-Qur’an Kota Sabang. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(1), 151–160.

Kholish, M. J. (2021). Etika dan Moral dalam Pandangan Hadis Nabi Saw. Jurnal Riset Agama, 1(1), 83–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14259.

Maratus, S. (2020). Metode Menghafal Hadits Menurut Buku Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits Karya Handayani Dan Hulaifah. IAIN Purwokerto.

Maulana, L., Ridha, M. A. R., & Murni, A. (2020a). Living hadist Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Khazanah Theologia, 2(3), 142–152. https://doi.org/10.15575/kt.v2i3.10331.

Maulana, L., Ridha, M. A. R., & Murni, A. (2020b). Fenomena Living hadist Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Khazanah Theologia, 2(3), 142–152.

Musyaffa, R. I., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Korelasi Hadits Kebersihan Dengan Pendidikan Karakter Anak Di Tarbiatul Athfal (TA/TK) Miftahussalam Kotayasa Sumbang Banyumas. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(6), 632–637.

Nada Safira Zahra, Huriah Rachmah, & Nurul Afrianti. (2023). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Hadis pada Anak Usia Dini di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 41–48. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1781.

Nuryati, N. (2017). Pembelajaran Hadis untuk Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 273–284.

Prasetyo, A. A. (2020). Internalisasi Hadis Kasih Sayang dalam Mewujudkan Social Interest di Era Disrupsi. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1), 217–236.

Qudsy, S. Z. (2016). Living hadist: genealogi, teori, dan aplikasi. Jurnal Living hadist, 1(1), 177–196.

Rahman, A. A. (2023). JANGAN MARAH. At-Tanwir Publisher.

Rasyid, M. A. (2017). Hadits-Hadits Tarbawi. Diva Press.

Saifuddin Zuhri Qudsy, D. (2020). Living hadist, Praktek, Resepsi, teks dan Transmisi.

Sani, A. P., Saefuddin, U., & Ali, A. (2020). Implikasi Adab Menyebarkan Salam Berdasarkan Hadits Riwayat Al-Bukhari Terkait Peran Pendidik Dalam Mendidik Peserta Didik. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 12–19.

Santoso, B. (2022). Nilai-Nilai Karakter dalam Hadis Rasulullah SAW dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 12(1), 1–36.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Ke dua). Alfabeta.

Yustika, Y. (2023). Upaya Guru Dalam Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah Melalui Penerapan Kegiatan Bergotong Royong di TK RA Harapan Kita Kabupaten Aceh Tengah. Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Zakiyah, U., & Zuhri, A. M. (2022). Hadis Pilihan Hadis-hadis pilihan dalam membangun karakter anak usia dini. Ijmus, 3(1), 23–39.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i2.26157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Habibah Afiyanti Putri, Kurnia Utami Nursholichah, Marhumah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats