UPAYA MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP ANAK MELALUI COOKING CLASS PADA KELOMPOK B

Wida Bhakti

Abstract


Jiwa kewirausahaan perlu dimiliki oleh siapa saja, tidak terkecuali anak di usia dini. Pendidikan kewirausahaan bukan sekedar mendidik para calon pengusaha atau untuk mengajarkan anak dalam mencari uang sejak dini, melainkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter yang telah ada pada diri anak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kegiatan cooking class dapat meningkatkan kewirausahaan pada siswa kelompok B1 TK. Negeri Model Banyuwangi, seperti dalam mengutarakan ide, tanggung jawab, kerja sama, cara pemasaran produk, pelayanan terhadap pelanggan dan pengetahuan tentang transaksi. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, yaitu data yang berupa informasi dalam bentuk kalimat yang memberi gambaran tentang seluruh kegiatan anak dalam kegiatan penelitian ini. Dari 3 kali kegiatan cooking class yang diamati, nampak adanya peningkatan kewirausahaan pada anak. Pada kegiatan pertama diperoleh nilai rata-rata 33,142 atau 51,78%, pada kegitan ke 2  nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 40,214 atau 62,89%, sedangkan pada kegiatan ke 3 nilai yang diperoleh 43,285 atau 67,63%. Kesimpulannya pendidikan kewirausahaan dapat dilakukan di tingkat Taman Kanak-Kanak dengan cara sederhana dan menyenangkan.

References


Arikunto, S. (2003). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Alma, B. (2009). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Conny. R,, S. (1988). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan menjelang abad XXI. Jakarta: Grasindo.

Departemen Pendidikan Nasonal. (2008). Pedoman Manajmen Berbasis Sekolah di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasonal. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran di Taman Kanak – kanak. Jakarta

Direktorat Pembinaan TK dan SD (2010). Kumpulan pedoman pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Peraturan Mentri No.146. Jakarta

Dodge, D., T., & Laura J., C. (2001). The Creative Curriculum for early Childhood. Washington, DC. Teaching Strategies, inc

Freeman, J., & Munndar, U. (2001). Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: Gramedia

Porter,D.P & Hernacki, M. (2003). Quantum Learning. Bandung: PT.Mizan Pustaka

Sujiono, Y., Nuraini & Bambang, S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks

Soedjatmiko.(1988). Manusia dan Dunia yang sedang berubah.Jakarta: Grassindo.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wida Bhakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats