Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak melalui Paduan Suara Lagu Nasional: Sebuah Teknik Comfusy

Rif'atul Anita, Angga Fitriyono, Milla Ahmadia Apologia, Shofiyatuz Zahroh

Abstract


Rasa cinta tanah air semakin hari, semakin mengalami kemunduran, hal tersebut terbukti dari banyaknya anak - anak yang tidak hafal bahkan tidak mengetahui lagu nasional. Penelitian ini bertujuan membahas tentang upaya membangkitkan rasa cinta tanah air pada anak-anak komplek perumahan Pondok Nirwana Anggaswangi melalui lagu nasional yang dinyanyikan dengan formasi paduan suara, dengan teknik comfusy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berupa studi kasus. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik comfusy pada lagu nasional dapat membantu anak dalam meningkatkan rasa cinta tanah air. Selain itu, anak sejak usia dini dapat menghafal lagu nasional. Temuan penelitian tersebut memberikan gambaran bahwa menumbuhkan rasa cinta tanah air anak dapat dilakukan dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan paduan suara sejak usia dini.


Keywords


Cinta Tanah Air, Teknik Comfusy, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Fauziah, M. E. (2017). Sikap Cinta Tanah Air Melalui Kelompok Paduan Suara pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Alalak. Jurnal Socius, 6(2), 207-224. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i02.3470.

Fina, F. nur syarifah, Cahyani, H. D., Kamilah, I. N., & Santoso, G. (2022). Pengenalan Lagu Daerah dan Lagu Nasional Republik Indonesia Untuk Calon Guru Sekolah Dasar Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 44-61. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/492.

Fitri, M. ., & Abdul Latif, M. . (2021). Adaptive Learning for Early Childhood Education during the COVID-19 Pandemic in Aceh Jaya District: Online vs. Offline. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 27–38. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-03.

Hasanah, U. (2020). Internalisasi Ideologi Pancasila Melalui Lagu Kebangsaan untuk Mencegah Memudarnya Nasionalisme. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440-451. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.51.

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3905.

Latif, M., Munafiah, N., & Rachmawati, Y. (2022). Merdeka Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kognitif Anak: Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 61-68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988.

Lestari, S. A. (2023). Peningkatan Karakter Nasionalisme Anak Bangsa Melalui Lagu Nasional di Sekolah Perbatasan. Jurnal Pendidikan Dewantara: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 24-29. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.489.

Muntaqo, M., & Fitrianto, R. (2022). “Pembentukan Sikap Karakter Cinta Tanah Air dan Penanaman Sifat Religius Melalui Lagu-Lagu Nasional dan Tahfidzul Quran Jus 30 ( Pra Pembelajaran).” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12283–12287. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4416.

Nadlifah, N., Latif, M., Sarah, S., & Setyaningrum, H. (2022). Alternative Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca COVID-19: Stimulasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4014-4025. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2486.

Nurohmah, M. N., Akbar, S., & Pramono, P. (2023). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Bernyanyi Lagu Nasional di PAUD. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 139-145. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15352.

Purhanudin, M. V., & Nugroho, R. A. A. E. (2021). Musik dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 4(1), 41-51. Retrieved from https://journal.stt-abdiel.ac.id/tonika/article/view/244.

Purnama, S. ., Indriani, Y. R. . ., Abdul Latif, M., & Sugeng Desyanty, E. . (2023). Swearing and Emotional Development of Children Age 4-6 Years: An Ethnographic Study. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 377–386. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.52721.

Puteri, M. J., Wulandari, R., & Fahmi. (2023). Analisis Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Anak Terhadap Lagu Wajib Nasional. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 1(02), 154-160. https://azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/655.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905-4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986.

Rohmah, L., Rahayu, D. P. ., & Latif, M. A. . (2021). Spiritual-Based Entrepreneurship Education for Early Childhood: Lesson from Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 159–180. https://doi.org/10.14421/jpi.2021.102.159-180.

Rusdi, R., & Wibowo, D. C. (2023). Peran Lagu Garuda Pancasila Terhadap Rasa Cinta Tanah Air Indonesia Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 20 Mambok Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 182-189. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2313.

Setiadi, G. (2019). Eksegesis Syair Lagu Wajib Nasional Berdasarkan Kajian Hermeneutik Guna Memahami Makna dan Pesan Kepahlawanan untuk Penanaman Karakter Pada Anak. Jurnal Heritage, 7(1), 10-22. https://doi.org/10.35891/heritage.v7i1.1568.

Siagian, N., & Alia, N. (2020). Strategi Penguatan Karakter Nasionalis di Kalangan Siswa. Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 190-197. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1099.

Yati, N., Sofyan, F.S., & Saylendra, N. P. (2020). Peran Guru Membiasakan Menyanyikan Lagu Nasional sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme Siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 132-136. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1338




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rif'atul Anita, Angga Fitriyono, Milla Ahmadia Apologia, Shofiyatuz Zahroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats