MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK: SEBUAH KAJIAN FENOMENOLOGI
Abstract
Perkembangan otak anak usia dini mengalami peningkatan sebesar 80%, seperti halnya teori piaget bahwa anak usia dini adalah usia kritis. Konsep belajar menyenangkan dengan asas bermain adalah cara anak usia dini belajar. Kebijakan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini menjadi fenomena yang gencar-gencarnya diterapkan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini dan pencapaian pada perkembangan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri atas pendiri, guru, perserta didik, dan orang tua di Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM). Analisis data menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM) memiliki konsep merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini yang membebaskan anak untuk belajar secara mandiri. Fasilitator di TA SALAM sebagai mediator anak untuk bertanya tentang apa yang sudah diperoleh di lingkungan. Pencapaian perkembangan kognitif anak di TA SALAM, terlihat bahwa kesiapan belajar anak di usia 5-6 tahun dikatakan sangat baik yaitu: anak menyelesaikan masalah sendiri, anak menemukan ide sendiri, anak mengenal warna, dan anak mengenal angka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.14421/JGA.2019.41-05
Anggraini, D., & Suyadi, S. (2019). Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.14421/JGA.2019.41-02
Candra, A. P. Y. (2022). Pemanfaatan Papan Pintar Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di RA-Al Jihad Lubuk AUR Kec. Bayang Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumatera Barat. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.1.16-20
Dea, L. F., & Latipah, E. (2017). Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Sosial-Emosional Melalui Penerapan Media Balok dan Bermain Peran Pada Siswa TK Kuntum Mekar, Lampung. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-06
Fadlillah, M. (2019). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Samudra Biru.
Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265–276.
Ifadah, A. S., & Fatmawati, F. A. (2022). Peningkatan Pengetahuan Merdeka Belajar Anak Usia Dini bagi Guru di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 546–554. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.8268
Luh, N., & Wahyuni, A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/PAUD.V10I1.47134
Martono, W. C. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning sebagai Bagian Program Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.”
Natacik, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menggambar Bentuk-Bentuk Geometri Bagi AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 205–218. https://doi.org/10.14421/JGA.2018.33-06
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nursarofah, N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.2492
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Rahman, H. S. . (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156.
Sklar, M. J. (1969). Is Piaget a Developmental or Learning Theorist?
Susanto, A. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi, S., & Ulfa, M. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S. (2005a). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Suyanto, S. (2005b). Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pedagoy, 9(2), 36–41.
Wijayani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/MURHUM.V3I1.91
Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 13–22.
Yulisar, N. A., Hibana, H., & Zubaedah, S. (2020). Pembelajaran Calistung: Peningkatkan Perkembangan Kognitif pada Kelompok B di TK Angkasa Tasikmalaya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/JGA.2020.51-03
Yusnita, N. C., & Muqowim, M. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%p
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Abdul Latif, Nida’ul Munafiah, Yulia Dwi Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506