PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN “FLOODING MOCKUP” UNTUK MENGENALKAN SAMPAH DAN BANJIR PADA ANAK USIA DINI

Ajeng Rizki Safira, Slamet Suyanto, Dinda Rizki Tiara, Nur Aini Mahbubah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media Flooding Mockup yang layak dengan tujuan mengenalkan sampah serta banjir untuk anak usia dini dan (2) mengembangkan media Flooding Mockup yang efektif untuk mengenalkan sampah serta banjir untuk anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Pengumpulan data dengan wawancara, angket, penilaian kemampuan anak, dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari penembangan produk dan analisis penilaian pembelajaran. Hasil penelitian adalah (1) media Flooding Mockup ditinjau dari aspek materi serta media dinilai oleh ahli ialah layak digunakan mengenalkan "sampah serta banjir pada anak usia dini, dan (2) permainan media Flooding Mockup efektif untuk mengenal sampah serta banjir untuk anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dari hasil independent t test posttest yaitu p lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 ≤ maka dinyatakan bahwa dapat meningkatkan dengan signifikan kemampuan anak mengenal sampah serta banjir.


Keywords


Media permainan; Flooding Mockup; mengenal sampah dan banjir anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Ali Nugraha. (2008). Pegembangan pembelajaran sain pada anak usia dini. Bandung: JILSI Foundation.

Beattie, A. E. (2015). A Young Child’s Perspectives on Outdoor Play: A Case Study from Vancouver, British Columbia. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 3(1), 38–53. https://naaee.org/sites/default/files/eepro/resource/files/ijecee31.pdf.

Borg & Gall. (1983). Educational research. Longman.

Debra A Miller. (2010). Beyound the Journal (Promoted by NAEYC. Gale, Cengage Learning.

Handler Debbie. (2010). Nature education in preschool. Thomson Delmar Learning.

Lewin & Benham. (2006). Curriculum activities to develop young children’s environmental awareness. Beyound the Journal (Promoted by NAEYC.

Merrick, C., & Braus, J. (2013). Supporting Early Childhood Environmental Education through the Natural Start Alliance. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 1(1), 32–40.

Morrison. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Yogyakarta: Indeks.

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., & Sari, I. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418.

Ruth A Wilson. (1996). Staring early: environmental education during the early childhood years. ERIC Digest.

Saifudin Azwar. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Smaldino, Lowther, & R. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ajeng Rizki Safira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats