PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS LOOSE PART TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
Abstract
Sebagian besar sebuah pembelajaran ditentukan oleh bagaimana cara pendidik dalam berkarya yang dibantu oleh model-model pembelajaran. Model pembelajaran yang berpusat pada anak (Student-centered learning), seperti model pembelajaran bermuatan STEAM merupakan model pembelajaran yang baik untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran STEAM berbasis loose part terhadap sikap kemandirian siswa TK Masyithoh II Sanansari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental research dengan desain One Group Pretest–Postest Design, dengan 16 anak sebagai responden, dengan membandingkan data yang diperoleh sebelum dan sesudah perlakuan. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dan wawancara dan uji analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji-T Test Paired. Hasil penelitian berupa adanya pengaruh yang kuat antara pembelajaran model STEAM berbasis loose part terhadap sikap kemandirian anak. Hal ini berdasarkan pada analisis uji t test paired yang dimana Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, D., Sutarto, J., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765.
Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504.
Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019.
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68.
Damayanti, E. (2019). Meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333.
Dista, D. X., Marta, R., & Mufarizuddin. (2022). Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 16–26.
Helista. (2019). SEMINAR NASIONAL: TIGA PAKAR BEDAH STEAM UNTUK ANAK USIA DINI – Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. http://pgpaud.unnes.ac.id/seminar-nasional-tiga-pakar-bedah-steam-untuk-anak-usia-dini/
Khadijah, M. A. & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1).
Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan pembelajaran paud berbasis steam ( science, technology, eingeneering, art, mathematic ). Seminar Nasional PAUD 2019, 203–212. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/450.
Martinis. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.
Maryani, S. (2018). PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 3-4 TAHUN STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN-TAMAN KANAK KANAK GEMINTANG BOJONGSARI DEPOK.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.
Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Nisa, T. F., & Fajar, Y. W. (2016). Strategi pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran. Pg-Paud, 3(2), 118–127. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3497.
Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 0(0), 512–518. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231.
Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5371.
Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.002.
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016, 23–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/9810/7245
Rohmah, T. (2013). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-a Di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 2(1).
Septiani, I., & Pancasakti, U. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(04), 194.
Subramaniam, Ahn, J., Fleischmann, K. R. ., & Allison. (2015). Reimagining the Role of School Libraries in STEM Education : Creating Hybrid Spaces for Exploration Author ( s ): Mega M . Druin Published by : The University of Chicago Press JSTOR Is a Not-F, 82(2), 161–182.
Sudarno, A. (2022). Anak Balita Tewas Dibekap Ibu Kandungnya Sendiri di Kamar Hotel Semarang - Regional Liputan6.com. Liputan 6. https://www.liputan6.com/regional/read/4959904/anak-balita-tewas-dibekap-ibu-kandungnya-sendiri-di-kamar-hotel-semarang.
Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29(April), 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003.
Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Fauziah, Ichsan Ichsan, Ariq Nurjannah Irbah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506