PENGARUH MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK PADA KELOMPOK B
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media loose part berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak kelompok B di Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui metode eksperimen, dan menggunakan desain eksperimen semu dan desain kelompok kontrol pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam bentuk statistik non parametrik uji tingkat Kolmogrov Smirnov dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis anak kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 42,5 dan 40,7, sedangkan nilai post-test anak kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 82 dan 72,3. nilai adalah 0,000, dan kurang dari 0,05 menunjukkan efek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, R. (2017). Kreatif mengembangkan media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Farmawati, R., dkk. (2021). STEM education dukung merdeka belajar (Dilengkapi dengan Contoh Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM). Riau : Dotplus Publisher.
Hasnida. (2014). Media pembelajaran kreatif mendukung pembelajaran pada anak usia dini. Jakarta Timur: PT. Luxima.
Hidayah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelompok A1 TK Al-Falahiyah Lamongan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta. Tahun 2014.
Sabrina, M. (2021). Pengaruh Media Loose Part terhadap Pengembangan Kreativitas Anak di Kelommpok B2 TK Bina Anak Bangsa Palu. Skripsi. Universitas Tadulako.
Safitri, D. & Lestaningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD, Vol.2 No.1.
Salirawati, D. (2018). Smart teaching solusi menjadi guru profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Sa’ida, N. (2018). Pengembangan Regulasi Anak Usia Dini: Peranan Kemampuan Berbahasa dan Regulasi Diri Pada Pembelajaran. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol 5 No 2 : 113.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.
Suryadi,. & Ulfa, M. (2015). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2012). Perkembangan anak usia dini. Jakarta : Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14058
Refbacks
Copyright (c) 2022 Rizqy Aisyah Leonia, Tutut Handayani, Yecha Febrieanitha Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506