Analisis Kreativitas Tari Kreasi Balap Kadhu’ (Karung) Di Sanggar Tari Tarara Bangkalan
Abstract
Tari ini menyampaikan tentang permainan tradisional Madura dengan tujuan mengangkat permainan tradisional Madura agar tidak punah dan meningkatkan kreativitas anak sejak dini. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan yaitu anak usia dini di Sanggar Tarara Bangkalan sebanyak 19 anak. Menari dapat membantu anak dalam belajar berimajinasi, berekspresi, dan berkreasi melalui media gerak dengan mengkoordinasikan gerak seluruh anggota badan, baik melalui rangsangan bunyi musik atau tanpa musik konvensional. Tingkat kreativitas anak dalam eksplorasi dengan indikator gerakan sesuai dengan imajinasi terdapat 10 anak mulai berkembang (52,6%), 7 anak berkembang sesuai harapan (36,8%), dan 2 anak berkembang sangat baik (10,5%). Kreativitas improvisasi dalam indikator gerakan sesuai dengan tema terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Indikator membentuk formasi terdapat 8 anak berkembang sesuai harapan (42,1%) dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Kreativitas komposisi dalam indikator menari kompak dengan pasangan terdapat 3 anak mulai berkembang (15,8%), 5 anak berkembang sesuai harapan (26,3%), dan 11 anak berkembang sangat baik (57,9%). Indikator menari menggunakan beberapa pola lantai terdapat 19 anak berkembang sangat baik (100%). Dengan menari anak dapat mengekspresikan kreativitas yang ada dalam diri anak seperti tari kreasi balap kadhu’ (karung).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif - Albi Anggito, Johan Setiawan. CV . Jejak, 214.
Andin, J. O., Asi, Y. E., Afrom, I., Kurniawan, Y., & Sendratasik, P. P. (2020). Peningkatan Kreativitas Tari Melalui Penciptaan Ragam Gerak Tari Kreasi Pada Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kapuas Murung (Vol. 1, Issue 1).
Cahyaningrum, M., & Hidayat, A. (2013). Pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Madiun masih menggunakan model pembelajaran. 53–64.
Helaluddin et al, . (2019). Qualitative Data Analysis A Review of Theory and Practice. Analisa Data Kualitatif, 148. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Sebuah_Tinjauan/lf7ADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1.
Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558.
Miranda, F., Filasofa, L. M. K., Wantini, Akbar, E., & Fauziyah, S. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Edutainment_Pendidikan_Anak_Usia_Dini/TFFADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Miranda,+Dian,+(2016),+Upaya+Guru+Dalam+Mengembangkan+Kreativitas+Anak+Usia+Dini+di+Kota+Pontianak.+Jurnal+Pembelajaran&printsec=frontcover
Mulyani, O. A. (2014). KREATIVITAS IRAWATI DURBAN. Ilmiah Seni Makalangan, 135–152.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK, 1–183.
Ranti, E. S., & Hazizah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Herbarium Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di PAUD Kasih Ibu I Luar Parit. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 43–48.
https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5372
Restian, A. (n.d.). Pembelajaran Seni Tari Di Indonesia Dan Mancanegara - Arina Restian - Google Buku. Retrieved March 30, 2022, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=f9DoDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Restian,+Arina.+(2017).+Pembelajaran+Seni+Tari+di+Indonesia+&ots=RXE8kUeDw6&sig=YhM7DZaPXIDC2IktxUh7Yv-gZkU&redir_esc=y#v=onepage&q=tari kreasi&f=false
Suryana, D. (2021). Sejarah dan Teori Pendidikan Anak Usia Dini. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Teori Dan Praktik Pembelajaran, 57.
Thoha, M. (2020). Pembelajaran Tari Kreasi Srintil Sebagai Upaya Peningkatan Sikap Kerjasama Anak Di Dusun Cepoko Desa Canggal Kabupaten Temanggung.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pembelajaran Tari dalam Kurikulum PAUD. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Ms38DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA104&dq=Dessy+Putri+Wahyuningtyas,+2020)&ots=DZ0wtCBrZ0&sig=J0kGTN4GGsIx2B0p1jf8avLIMQE&redir_esc=y#v=onepage&q=Dessy Putri Wahyuningtyas%2C 2020)&f=false
Wijaya, H. (n.d.). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi - Hengki Wijaya - Google Buku. Retrieved March 30, 2022, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5AFiDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA109&dq=Wijaya,+Hengki.+(2018).+Analisis+Data+Kualitatif+Ilmu+Pendidikan+Teologi.+Makasar&ots=2Zs0khXb3i&sig=3-KsWnr0Wvoe-4BCfo3a_UKkIYk&redir_esc=y#v=onepage&q=Wijaya%2C Hengki. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makasar&f=false
Yeniningsih, T. K. (2018). Pendidikan seni tari. 207.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hasnawati, Febrianti Dwi Vitria Putri, Tarich Yuandana. Angga Fitriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506