Mengembangkan Kemampuan Sosial Melalui Pendekatan Project Based Learning

Ratna Nila Puspitasari, Safiruddin Al Baqi

Abstract


Kemampuan sosial anak penting untuk dikembangkan dikarena kemampuan sosial adalah kemampuan seorang anak untuk berinterkasi. Kemampuan sosial pada kelompok B masih rendah hal ini terlihat ketika anak diminta untuk melakukan kerjasama, mandiri dan bertanggung jawab anak masih belum mampu, dan berbagi dengan temannya pun belum mampu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan sosial dengan pendekatan project based learning kelompok B RA Muslimat Nu 050 Subulul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek dalam penelitian adalah semua anak di kelompok B sebesar 21 anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan, sehingga keseluruhan ada 12 kali pertemuan. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan sosial anak yakni kemampuan sosial dalam hal bekerjasama, kemandirian, bertanggung jawab, dan anak berbagi dengan temannya. Hal ini dapat diketahui dari nilai prasiklus sampai dengan nilai siklus II, yang mana mengalami kenaikan sebesar 32. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan project based learning dapat mengembangkan kemampuan sosial anak. Kemampuan sosial anak dapat dikembangkan dengan pendekatan student center sesuai dengan prinsip Pendidikan anak usia dini yang mana pusat pembelajaran adalah anak.

Keywords


Kemampuan sosial; Pembelajaran berbasis proyek; Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2011) Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.

Dewi, R. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimatuzzahroh. (2011). Penerapan Project based learning untuk Mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B di RA Al-Khoiriyah Gudo Jombang. Jurnal UM.

Hurlock, E. B. (1978). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Katz, L. G., & Chard, S. C. (2000). Engaging Children’s Minds: The Project Approach, Second Edition. Stamford: Ablex publishing Corporation.

Kebudayaan, K. P. (2003). UU. Jakarta: Visimedia.

L.Roopharine, J., & Johnson, J. E. (2011). Approaches to Early Childhood Education. Jakarta: Kencana.

Nara, S. E. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution. (2010). Memahami Perkembangan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kompasiana.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Seefeldt, C., & A.Wasik, B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini , menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun masuk sekolah. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Wahyudin U & Agustin, M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratna Nila Puspitasari, Safiruddin Al Baqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats