Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang

Hena Safira Endah Kumala, Neila Ulfa Rahmania, Sigit Purnama

Abstract


Kecerdasan kinestetik anak usia dini bisa distimulasi menggunakan aktivitas sederhana dan diminati anak. Senam irama ialah aktivitas yang tepat untuk memberi stimulasi pada anak, karena anak menyukai gerak, apalagi jika diiringi musik dan lagu ceria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang. Peneliti menerapkan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana datanya diperoleh dari pengamatan, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Senam irama di TK Islam Al Madina dilaksanakan setiap hari sabtu, sebelum kegiatan dimulai anak berbaris, lalu melafalkan ikrar pagi dan asmaul husna, setelah itu anak merentangkan kedua tangannya dan melaksanakan pemanasan bersama. Sarana prasarana yang disiapkan berupa peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya aktivitas senam irama. Pengembangan kecerdasan kinestetik pada kelompok B melalui kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina terlaksana dengan baik, ditunjukkan melalui rencana, pelaksanaan, dan evaluasi oleh guru pada kegiatan pembelajatan senam irama.

Keywords


Kecerdasan kinestetik; Senam irama

Full Text:

PDF

References


Al Hakim, R. M., & Rohmah, L. (2018). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 269–286.

Anggitasari, B. Y., & Hartono, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Senam Healty Fun Untuk Anak SLB di Kota Magelang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 17–27.

Damanik, I. A., & Nurmaniah, N. (2017). Pengaruh Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Fastabiqul Khairat PTPN II Kabupaten Langkat TA. 2016-2017. Jurnal Usia Dini, 3(1), 12–21.

Darwati, A., Muslihin, H. Y., & Giyartini, R. (2019). Kegiatan Tari Kreasi Manuk Dadali Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B di TK Artanita Al-Khairiyah Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 164–177.

Fauzi, A. H., Yudha, F., & Fatimah, N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika Pada Anak usia Dini dalam Pengembangan Kecerdasan Kinestetik. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–54.

Irwansyah, D. (2015). Hubungan Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Intrapersonal dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di MTSN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 92–107.

Khadijah, K. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Pengembangannya). Perdana Publishing.

Mursid, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, F., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2019). Pelatihan Senam Irama Gerak Dasar Tapak Suci untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 473–480.

Nusir, L., & Malini, R. (2020). Kajian Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Mau’izhah, X(2), 47–82.

Pradipta, G. D. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147.

Prastyo, A. T. (2012). Merancang Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal El-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang, IX(2).

Sahera, J., Fitriani, F., & Oktariani, R. (2021). Analisis Kegiatan Senam Rutin Kelompok B di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Suyadi, S. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. PT. Remaja Rosdakarya.

Wafi, T. S. Al, & Sihkabuden, S. (2018). Peningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Siswa Down Syndrome melalui Senam Ceria. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(1), 43–47.

Wijayanti, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama (Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(1), 1–10.

Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400.

Yuningsih, R., Akmariani, C., & Fitriani, W. (2019). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak di TK Kurnia Illahi Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Tumbuh Kembang, 6(1), 1–8.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria, 6(2), 58–73.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hena Safira Endah Kumala, Neila Ulfa Rahmania, Sigit Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats