Pengaruh Media Color Bead Stairs Terhadap Kemmapuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media color bead stairs terhadap kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di RA Al-Layyinah Tangerang. Subjek riset ini terdapat 21 anak. Penelitian ini memakai pendekaan kuantitatif melalui metode eksperimen dengan desain true eksperimental design dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yg dipakai adalah observasi serta dokumentasi. Tehnik analisis data berupa statistik non parametrik dengan uji jenjang Kolmogrov Smirnov dengan data hasil penilaian pretest serta posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berhitung anak kls eksperimen pretest sebesar 0,064 melainkan pada kelas eksperimen posttest sebesar 0,200 meningkat sebesar 136% dan untuk kelas control pretest sebesar 0,086 sedangkan pada kelas kontrol posttest sebesar 0,129 maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan sebesar 43% bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media color bead stairs terhadap kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun. Sehingga diketahui bahwa ada pengaruh media color bead stairs terhadap kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di RA Al-Layyinah Tangerang-Banten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, I. Maya Savitri dan F. Nurul. (2019). Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika. In Aktivitas Montessori Ilmu Alam dan Matematika (hal. 116). Cikal Aksara. https://play.google.com/store/books/details?id=ndDWDwAAQBAJ
Doroah, Sayekti Tri, & Maryani, K. (2019). Tipe Make a Match Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 6(November 2019).
Irawati, R. M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–11.
Justin W. Bonny, S. F. L. (2013). The approximate number system and its relation to early math achievement: Evidence from the preschool years. The approximate number system and its relation to early math achievement: Evidence from the preschool years, 114(3), 375–388. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0022096512001798
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT
Masruroh, I. K., Adhani, D. N., & Mayangsari, D. (2019). Pengaruh Permainan Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 84–90. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6142
Montessori. (2015). Metode Montessori panduan wajib untuk guru dan orangtua didik PAUD. In G. lee Gutek (Ed.), Metode Montessori panduan wajib untuk guru dan orangtua didik PAUD (hal. xii+447). Pustaka belajar.
Oktarina, A., & Maemonah. (2019). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Pendidikan Aud. Jurnal UIN Jogyakarta, VI(2), 64–88. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7277
Oktriyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak- Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–96. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/510
Pratiwi, A. R. (n.d.). Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Usia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf dan R&D (hal. x+334). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. In Perkembangan Anak Usia Dini (pertama, hal. xii, 208). Kencana Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rahmi Meilisti Dini, Tri Sayekti, Ratih Kusumawardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506