Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik terhadap Kinerja Guru

Tinuk Suparti, Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok

Abstract


Mutu pendidikan bisa dicapai melalui beberpa komponen, diantaranya: kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik, komponen tersebut membutuhkan kinerja dan keahlian guru dalam memberikan dan mengimplementasikan kinerja agar mencapai hasil yang maximal. Penlitian ini bertujuan untuk menelaa pengaruh kompetnsi profesional dan pedagogik terhadap kinerja guru.Teknik analisis data menggunakan metode Quantitative Research (Riset Kuantitatif). Teknik pengumpulan memakai data Observasi, angket, interview dan dokumentasi. Populasi penelitian yaitu seluruh guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Prigen  Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 65 guru. hasil penelitian diketahui bahwa: terdapat pengaruh positif secara simultan terhadap kinerja guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian  secara empirik diketahui nilai Fhitung = 19.420 dan f tabel sebesar 4,00 sehingga diketahui (Fhitung > Ftabel, 19,420 > 4,00) , dan p-value = 0,000 <0,05. Dengan demikian pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik secara simultan terhadap kinerja guru adalah signifikan. Maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang berisi “ Kompetensi profesional dan pedagogik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan” dapat diterima atau terbukti kebenarannya.

Keywords


kompetensi profesional; kompetensi pedagogik; kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Menjadi Guru Profesional (Isu Dan Tantangan Masa Depan). Edutech, 13(1), 132. doi: 10.17509/edutech.v13i1.3225

Azhari, R. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Universitas Negeri Medan.

Departemen Agama RI. (2006). Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidiksn. Depag RI, 05.

Djam’an Satori, dkk. (2015). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lian, B., & Amiruddin. (2021). Profesionalisme Guru di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan PPs Universitas Palembang 2021, 1–6.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Cet. 6). In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Jakarta: Deepublish Publisher.

Rusydi Ananda. (2018). Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, (Telaah Terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan) (Pertama; Amiruddin, Ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Sari, M. W. (2021). PERAN GURU DALAM PENERAPAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TK YKK 1 BANGKALAN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 8(April).

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumardi. (2016). Pengembangan Profesinalisme Guru Berbasis MGMP, Model Dan Implementasinya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutirna. (2019). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Publication ResearchGate.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Wulandari, A. B., Mudzanatun, M., & Putri, A. D. S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 98–107.

Zulkefi MA Latif, Ridwan, dan C. T. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Palu. Katalogis, 5(3), 67–77.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tinuk Suparti, Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats