Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Sri Hartati, Eka Damayanti, M Rusdi T, Dahlia Patiung

Abstract



Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang sangat penting distimulasi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data yang digunakan berupa 11 jurnal yang sesuai dengan kriteria fokus penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menggambarkan metode bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini khususnya kemampuan bicara. Peningkatan tersebut diperoleh karena penyajian metode bercerita menggunakan media buku yang berwarna-warni sehingga menyenangkan dan mengasyikan serta melatih kemampuan bicara dengan keberanian tampil bercerita di depan kelas. Metode bercerita juga menarik karena menggunakan media boneka tangan, media power point dan media audiovisual. Metode bercerita juga dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan kemampuan kosakata anak dengan menggunakan tema yang beragam, kalimat yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Implikasi dalam penelitian ini adalah metode bercerita berperan terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Oleh karena itu, diharapkan bagi pendidik menggunakan berbagai metode yang kreatif dan inovatif dalam membantu proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, selain itu tercipta suasana gembira dan tidak cepat membosankan bagi anak saat belajar.


Keywords


anak usia dini; metode bercerita; perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3

Ariska, T. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Di PAUD Sahabat Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periuk Kabupaten Seluma (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/download/4915/4477

Darmila, L. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kosakatta Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 6(1), 2–8. Retrieved from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/276

Dhieni, N., & Lara, F. (2014). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimyati, J. (2016). Pembelajaran Terpadu untuk Taman Kanak-Kanak/Raudatul Athfal dan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302–315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fitria, N. ‘Aini. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A RA Muslimat NU 26 Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 7–13. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/1821

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56. https://doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.401

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Muyassaroh, A. R. (2016). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Kosakata Dasar Anak Usia 4-5 Tahun di Ra Muslimat Banyumas Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016 (Skripsi). Universitas Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/22845/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nugraha, N. M. S. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Tika, N. (2014). Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sikap Mandiri Anak Kelompok A Tk Negeri Pembina Bangli Tahun Ajaran 2012/2013. Ganesha University of Education. https://media.neliti.com/media/publications/122568-ID-none.pdf.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7.

Prihanjani, N. L., Wirya, I. N., & Tirtayani, L. A. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/8822/%095709

Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Gorontalo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1).

Rahmatillah, R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Ratnasari, S. (2017). Penerapan Metode Bercerita terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/899/1/SEPTIA.pdf

Rizkiyana, M. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A Di TK Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Sarayati. (2018). Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sikap Mandiri Anak TK B Dewi Sartika Sintang. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 45–55. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.387

Syakir, A. (2020). Implementasi Metode Jolly Phones Bermuatan Nilai Islami untuk Pengenalan Huruf dan Kemampuan Melafalkan Fenom Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 59–67. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/view/8396

Siregar, A. S & Nur, H. (2019). Studi Kasus Keterampilan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 22-27. https://aulad.org/index.php/aulad/article/download/31/18.

Suradinata, N. I.., & Ega, A. M. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal for Education Rresearch, 1(1), 28-37. https://jer.or.id/index.php/jer/article/dowload/4/3.

Usman, M. (2019). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Utami, S. W. (2014). Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun di Paud Sariharjo Ngaglik Sleman (Skripsi). STIKES’Aisyiyah Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.unisayogya.ac.id/455/1/NASKAH PUBLIKASI SEP%09TYANI WINDI UTAMI.pdf

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Reviuw Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/481




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Hartati, Eka Damayanti, M Rusdi T, Dahlia Patiung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats