Pengaruh Program Parenting Berbasis E- Learning terhadap Literasi Orang Tua tentang Sugesti Positif pada Anak

Mufarrohah -, Siti Fadjryana Fitroh, Dinda Rizki Tiara

Abstract


Literasi orang tua tentang pengasuhan sangat penting terutama tentang sugesti positif.  Orang tua perlu memberikan sugesti positif kepada anak sehingga dapat mengarahkan anak untuk senantiasa berprilaku dan mempunyai kebiasaan yang positif. Namun, yang terjadi dilapangan khususnya para orang tua di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan masih menggunakan kata jangan atau kalimat larangan dan jarang memberikan pujian kepada anak, hal ini dikarenakan orang tua masih belum memiliki literasi yang baik tentang sugesti positif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh program parenting berbasis e-learning terhadap literasi orang tua tentang sugesti positif pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif eksperimen dengan desain pretest – treatment – posttest. Subjek penelitian ini merupakan orang tua di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan karena data berdistribusi normal. Hasil yang diperoleh adalah nilai probabilitas 0,000. Sehingga nilai sig < 0,025 maka Ha diterima. Analisis data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara program parenting berbasis e-learning terhadap literasi orang tua tentang sugesti positif di KB Muslimat NU Siti Khadijah Bangkalan, serta adanya pembaharuan mengenai program parenting berbasis e-learning yakni dari sisi materinya yang berbeda dimana di penelitian ini tentanng sugesti positif pada anak.  


Keywords


Literasi;Program Parenting;Sugesti Positif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid dan Ibda, Hamidulloh. (2017). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik) Jawa Tengah: Pilar Nusantara.

Child Welfare Information Gateway. (2019). Parent Education to Strengthen Families and Reduce the Risk of Maltreatment. Washington. DC: U.S Departement of Health and Human Services. Children’s Bureau.

Festy, Pipit. (2018). Buku Ajar Gizi dan Diet. Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Fitroh, SF. & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu Terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 No. 2.

Isjoni. (2014). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2011). Petunjuk Teknis Orientasi Teknis Peningkatan Pemahaman Program Penguatan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting). Jakarta: Kemendiknas

Kementrian Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Jakarta: Direktur Pembinaan PAUD.

Lucy, B., (2012). 5 Menit Menguasai Hypnoparenting. Jakarta: Swadaya Group.

Purwanto, Nanang. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saepudin, Asep & Ulfah, Saly. (2020). Penerapan Program Parenting Berbasis E-Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Mendidik Anak (Studi Pada Anggota Komunitas Institut Ibu Profesional di Bandung). 2014. Vol. 18 No. 3. hlm. 249. Diakses online: 15 September 2020 pukul 11.17 WIB.

Setiawan, A, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar: Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Dasar Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Simanihuruk, Lidia dkk. (2019). E-learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyadi. (2013). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syakir,S., E., (2014). Islamic Hypnoparenting: Mendidik Anak Masa Kini Ala Rasulullah. Jakarta: Kawan Pustaka.

Triwiyanto, Teguh. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mufarrohah, Siti Fadjryana Fitroh, Dinda Rizki Tiara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats