STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS RUMAH TEMPE INDONESIA DI KOTA BOGOR, PROPINSI JAWA BARAT

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Rara Tama Putri

Abstract


Rumah Tempe Indonesia (RTI) adalah pelopor dan masih satu-satunya produsen higienis tempe di Indonesia. Hal ini  menunjukkan indikasi bahwa RTI memiliki peluang untuk melakukan strategi mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis, merumuskan dan memilih prioritaskan alternative strategi yang didasarkan pada hasil analisis lingkungan internal dan eksternal RTI. Pengumpulan data bersumber dari enam responden yang berkompeten yang dilaksanan mulai bulan April 2014 hingga Mei 2014 di RTI Bogor, Jawa Barat. Data yang terkempul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif  dan  perumusan strategi. Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi RTI dalam matriks IE di kuadran dua yakni  tumbuh dan membangun. Strategi yang paling sesuai untuk digunakan strategi intensif dan integratif . Ada 5 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh RTI berdasarkan hasil analisis the matriks SWOT Berdasarkan analisis matrik QPM menunjukkan prioritas strategi untuk diimplementasikan adalah pengembangan pasar baru secara intensif.

Keywords


Pengembangan Bisnis, Rumah Tempe Indonesia, Strategi

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014. Berita Resmi Statistik BPS: Pertumbuhan PDB Tahun 2013 [Internet]. [diunduh 2014 Maret 7]; No. 16/02/Th. XVII. Tersedia pada: http://www.bps.go.id/brs_file/pdb_05feb14.pdf.

David, F. R. 2004. Manajemen Strategis Konsep. Alexander Sindoro, penerjemah; Agus Widyantoro, editor. Jakarta (ID): Indeks. Terjemahan dari: Concepts of Strategic Manajement. Ed ke- 7.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. 2013. Perkembangan Jumlah UMKM di Kota Bogor. Bogor (ID): Kantor Koperasi dan UMKM Kota Bogor.

[Kemenkop] Kementrian Koperasi dan UKM. 2013. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar Tahun 2011-2012 [Internet]. [diunduh 2014 Februari 21]. Tersedia pada: http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_phocadownload&view=file&id=394:perkembangan-data-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-dan-usaha-besar-ub-tahun-2011-2012&Itemid=93

Kinnear T. C., Taylor J. R. 1991. Marketing Research: An Applied Approach. New York (US): McGraw-Hill, Inc.

Pearce J. A. , R.D. Robinson. 2009. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Kwan Men Yon, penerjemah; Nanda Ayu W, editor. Jakarta (ID): Salemba Empat. Terjemahan dari: Strategic Management- Formulating, Implementation, and Control, 10th Edition. Buku ke- 2 Ed ke- 10.

Porter M. E. 1991. Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Maulana A, penerjemah; Hutauruk G, editor. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: Competitive Advantage.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v9i1.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura