PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PIPOP COPY

Melissa Tanuwijaya, Mohamad Yusak Anshori

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dari kualitas pelayanan dan kualitas produk dari Pipop Copy terhadap kepuasan pelanggan. Sebanyak 1.300 pelanggan Pipop Copy digunakan sebagai populasi dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan purposive sampling dengan 93 responden yang terlibat dalam proses sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier yang didukung dengan program SPSS versi 20. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan dan kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan Pipop Copy, baik secara simultan maupun parsial.

Keywords


kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan, photo copy.

References


Chang, Jui Chi. 2009. Taiwanese Tourist’s Perceptions of Service Quality on Outbound Guided Package Tours: A Qualitative Examination of the SERVQUAL dimensions. Journal of Vacation Marketing. Vol 15, Number 2.

Ghozali.,Imam. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gujarati, Damodar N. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Haryanto, Albert Veno. 2011. Pengaruh Trust In Employee, Trust In Supplier, dan Trust In Brand Terhadap Purchase Intention dan Attitudinal Loyalty Pada PT. Rajapaksi Adyaperkasa di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Skripsi. Surabaya. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala.

Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Madura: Universitas Trunojoyo Madura.

Kotler, P dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta : Erlangga.

Majdina, Diana. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Bakar Mas Mono. Universitas Gunadarma.

Mullins, Walker, Boyd. 2008. Marketing Management : A Strategic Decision-Making Approach. New York: McGraw Hill.

Priyatno, Duwi. 2009. 5 jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Jakarta: Andi Offset.

Putro, Eko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Santoso, S. 2007. Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 15. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian, Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sulistiono, A dan Yuniany Sylvianica. 2009. Pengaruh Distribusi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Produk Air Minum pada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Bogor: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor.

Tjiptono, F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Wijaya, Tony. 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Zeithmal V.A, dkk. 2009. Services Marketing. Fifth Edition. New York: McGraw-Hill International Edition.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i1.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura