Gender Struggle Of The Main Female Character In The Short Story The Yellow Wallpaper By Charlotte Perkins Gilman

Linda Tiara Putri

Abstract


Setiap kesenjangan gender mulai dari identifikasi, prasangka, hingga eksploitasi ditelaah oleh feminisme. Studi tentang identitas gender memberikan penekanan khusus pada konflik gender dan representasinya dalam cerita pendek. Perjuangan gender untuk karakter perempuan dalam cerita pendek The Yellow Wallpaper dibahas dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya perjuangan gender yang dialami oleh tokoh utama dalam cerpen The Yellow karya Charlotte Perkins Gilman. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Tokoh utama perempuan dalam cerpen ini digambarkan sebagai seorang perempuan yang mengalami gangguan mental dan merasa tertekan karena dikurung oleh suaminya, dan ia berjuang untuk mendapatkan kebebasan yang ia inginkan, untuk menganalisanya maka penelitian ini menggunakan teori Paddy MacQueen. Temuan penelitian ini mengungkapkan perjuangan gender bagi tokoh utama perempuan dalam cerpen tersebut adalah perjuangan akan mimpi, kenyataan hidup, kasih sayang dan cinta.

 

Kata kunci: perjuangan gender, tokoh utama perempuan, cerita pendek


Full Text:

PDF

References


Eka Wahyu Nusantara, F., Nasrullah, & Irene Sartika Dewi Max, J. (2022). GENDER STRUGGLE OF MAIN CHARACTER IN EDITH WHARTHON’S THE HOUSE OF MIRTH NOVEL. Ilmu Budaya, 6(2), 452–461.

Gilman, C. (1892). The Yellow Wallpaper. New England Magazine. http://www.gutenberg.org

Raharjo, I. (2017). GENDER STEREOTYPE AS EXPERIENCED BY EVA IN TILLIE OLSEN’S SHORT STORY “TELL ME A RIDDLE.”

Ramadhan, S. N. (2020). Gender Bias on Women Figures in Anak Penurut Short Story by Benny Wirawan: Study of Feminism. Advances in Social Science, Education and Humanities, 464.

Ratna Sari, R., & Fitria, S. (2017). WOMEN STRUGGLE IN "THE THEORY OF EVERYTHING MOVIE SCRIPT: A PERSPECTIVE OF FEMINISM. Paradigma Lingua, 6(2), 1–6p.




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i2.25758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITORS

 

FLAG COUNTER

Flag Counter

STATCOUNTER

web statistics

 

SITEMAP

Journal of Social, Culture, and Language

Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162

Handphone: +6281356287310

E-mail: jscl@trunojoyo.ac.id