PENGARUH MINAT BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Admaja Dwi Herlambang, Dian Agus Sasmita, Satrio Hadi Wijoyo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Pengambilan data minat belajar dan gaya belajar menggunakan kuesioner dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes. Data hasil belajar didapatkan dari nilai akhir siswa pada akhir tahun. Sampel berjumlah 50 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,02.


Full Text:

PDF

References


Agustina, W. & Noor, F., 2016. Hubungan Hasil Belajar Dan Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), pp. 191-200.

Chania, Y., Haviz, M. & Sasmita, D., 2016. Hubungan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 SUngai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1), pp. 77-84.

Dalyono, M., 2009. Psikologi Pendidikan. 5 ed. Jakarta: PT RIneka Cipta.

Deporter, B. & Hernacki, M., 2007. Quantum Learning. 25 penyunt. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Furqan, E., Rukun, K. & Hamid, Y. A., 2016. Kontribusi Minat Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (LAN) Siswa Kelas 1 TJK SMK Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1), pp. 22-32.

Halman, M. & Fadhilah, 2017. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri Limboro. Jurnal Saintifik, 3(2), pp. 136-142.

Hamdi, A. S. & Bahruddin, E., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. 1 penyunt. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Harisuddin, M. I., 2019. Secuil Esensi Berfikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. 1 penyunt. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Maulinda, F., Waskitoningtyas, R. S. & Khotimah, H., 2018. Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif dan DIsiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), pp. 114-119.

Prihatin, S. G., 2016. Strategi Belajar. 2 penyunt. Malang: UMMPress.

Putri, D. T. N. & Isnani, G., 2015. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(2), pp. 118-124.

Rahmat, P. S., 2019. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

Rosyid, M. Z., M. & Abdullah, A. R., 2019. Prestasi Belajar. 1 penyunt. Malang: Literasi Nusantara.

Suardi, M., 2018. Belajar & Pembelajaran. 1 penyunt. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiono, 2016. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. 23 penyunt. Bandung: Alfabeta.

Suhadi, S. M. et al., 2016. Implementation of Socratic Method in Online Learning to Enhance Creative Thinking: Analysis Review. Malaysia, s.n.

Susanto, A., 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. 4 penyunt. Jakarta: PRENADAMEDIA.

Suyono, A., 2018. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Terhadap Mata Pelajaran Akutansi Kelas XI IPS SMAN 3 Tapung Tahun AJaran 2017/2018. JUrnal Pendidikan Ekonomi Akutansi FKIP UIR, 6(1), pp. 1-10.

Syahputra, E., 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. 1 penyunt. Sukabumi: Haura Publising.

Unaradjan, D. D., 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. 1 penyunt. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Vani, I. K., Paloloang, B. & Idris, M., 2019. Pengaruh Persepsi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 6(4), pp. 455-468.

Wahyuni, A. & Kurniawan, P., 2018. Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika, 17(2), pp. 1-8.

Wardhani, S. I., Hanik, U. & Wulandari, R., 2016. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(1), pp. 42-54.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v7i2.8583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License