IMPLEMENTASI METODE SAW DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MODEL SOCIAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan internet serta sosial media yang berkembang pesat memunculkan perkembangan baru dari Customer Relationship Management (CRM) yaitu Social Customer Relationship Management (SCRM) yang menuntut organisasi menetapkan arah strategi bisnis dengan pengaplikasian teknologi sesuai kebutuhan dalam berbagai aktivitas sehingga mampu meningkatkan perubahan bisnis skala besar melalui kecepatan, ketepatan dan efisiensi dari pertukaran informasi. Kualitas strategi bisnis yang baik dapat dilakukan dengan cara penyediaan fasilitas berbasis media sosial dengan pertimbangan yang sangat matang yaitu dengan cara menilai berbagai indikator penilaian yang sudah ditentukan terhadap sosial media yang dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan sebagai salah satu strategi bisnis yang dipilih oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perhitungan karakteristik dari setiap model social customer relationship management (SCRM) sebagai strategi bisnis dengan menggunakan metode pendekatan Simple Additive Weighting (SAW). Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial Youtube dengan perolehan nilai 0,888 adalah media sosial yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai strategi bisnis perguruan tinggi
Kata Kunci: Social Customer Relationship Management, Simple Additive Weighting, Strategi Bisnis
Full Text:
PDFReferences
H. Kagermann, W.-D. Lukas, and W. Wahlster, “Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dinge auf dem Weg zur 4. industriellen Revolution,” VDI Nachrichten, 2011.
B. Princewill Lekara, “Technological Challenges in Management of Organizations,” Int. J. Bus. Law Res., 2019.
F. Hertingkir and D. Wardani, “Analisis Kelayakan Anggaran Investasi Teknologi Informasi dengan Analisis Cost Benefit,” J. Keuang. dan Perbank., 2017.
W. F. Cascio and R. Montealegre, “How Technology Is Changing Work and Organizations,” Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior. 2016, doi: 10.1146/annurev-orgpsych-041015-062352.
K. Sambell, L. McDowell, and C. Montgomery, Assessment for learning in higher education. 2012.
K. Kasemsap, “The role of customer relationship management in the global business environments,” Trends Innov. Mark. Inf. Syst., vol. 14, no. 1, pp. 130–156, 2015, doi: 10.4018/978-1-4666-8459-1.ch007.
K. T. Tran, P. V. Nguyen, T. D. Nguyen, and U. N. H. Ton, “The impact of organisational commitment on the relationship between motivation and turnover intention in the public sector,” Int. J. Innov. Creat. Chang., 2020.
J. Heidemann, M. Klier, and F. Probst, “Online social networks: A survey of a global phenomenon,” Comput. Networks, 2012, doi: 10.1016/j.comnet.2012.08.009
A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus. Horiz., 2010, doi: 10.1016/j.bushor.2009.09.003.
C. Lovelock, J. Wirtz, and J. Mussry, “Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi (Perspektif Indonesia) Jilid 1 dan 2, Edisi 7,” p. 2012, 2012.
P. Greenberg, “Customer relationship management at the speed of light,” Berkeley Mc-Graw Hill, 2002.
S. Askool and K. Nakata, “A conceptual model for acceptance of social CRM systems based on a scoping study,” AI Soc., 2011, doi: 10.1007/s00146-010-0311-5.
W. Kunz et al., “Customer engagement in a Big Data world,” J. Serv. Mark., 2017, doi: 10.1108/JSM-10-2016-0352.
A. Wantoro, K. Muludi, and Sukisno, “Penerapan Logika Fuzzy pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Kualitas Telur Bebek,” Jutis, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019.
R. A. Baktiono and I. P. Artaya, “Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical,” J. Manajmen Kinerja, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
P. Hana, R. Rusliyawati, and D. Damayanti, “PENGARUH MEDIA RICHNESS DAN FREQUENTLY UPDATE TERHADAP LOYALI TAS CIVITAS AKADEMIKA PERGURUAN TINGGI,” J. Tekno Kompak, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i2.328.
Sugiyono and Republik Indonesia, Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. 2010.
H. A. M. Voorveld, G. van Noort, D. G. Muntinga, and F. Bronner, “Engagement with Social Media and Social Media Advertising: The Differentiating Role of Platform Type,” J. Advert., 2018, doi: 10.1080/00913367.2017.1405754.
H. Stefan Willi and K. Gamal, “Social customer relationship management - From customer to friend,” Proc. Eur. Mediterr. Middle East. Conf. Inf. Syst. EMCIS 2012, no. June 2012, pp. 75–88, 2012.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v7i1.8571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.