PEMANFAATAN ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT DALAM PERHITUNGAN KELAYAKAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI

Heni Sulistiani, Miswanto Miswanto, Debby Alita, Prita Dellia

Abstract


CV Laut Selatan Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian dalam penjualan kosmetik di Bandar Lampung. CV Laut Selatan Jaya telah mengembangkan sebuah sistem untuk mengelola transaksi penjualan. Dalam pengembangan sistem tersebut, CV Laut Selatan Jaya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Perusahaan perlu melakukan pengukuran investasi teknologi informasi agar sistem penjualan yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan sejalan dengan visi misi perusahaan. Pengukuran ini juga diperlukan agar perusahaan tidak mengalami kegagalan dalam menginvestasikan dananya dalam pengembangan teknologi informasi. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis perhitungan biaya dan manfaat yang dirasakan oleh CV Laut Selatan Jaya. Berdasarkan hasil identifikasi dan perhitungan biaya yang dikeluarkan CV Laut Selatan Jaya untuk mengembangkan sistem penjualan sebesar Rp. 164.950.000, sedangkan manfaat yang dirasakan oleh perusahaan sebesar Rp. 182.029.000.

Full Text:

PDF

References


Ayu Laili Rahmiyati, Asep Dian Abdillah, Susilowati dan Dinna Anggaraini. (2018). Cost Benefit Analysis (CBA) Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Susu pada Karyawan di PT. Trisula Textile Industries Tbk Cimahi Tahun 2018. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia.

Budi Sudrajat, Rudianto. (2019). Analisis Kelayakan Investasi teknologi Informasi menggunakan Metode Information Economics. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol 1, No 2, September 2019.

Bagus Kristomoyo Kristanto. (2018). Studi Kelayakan Implementasi Sistem Informasi Klinik Mata Mojoagung Menggunakan Information Economics. Jurnal Dinamika Dotcom, Vol. 9, No. 2, Juli 2018.

Eva Novianti, Endang Ayu Susilawati. (2018). Analisis Investasi Teknologi Informasi pada Grand Hyatt Hotel Jakarta : Pendekatan IE. Seminar Nasional Teknik Elektro 2018.

Fandi Orianto, Andeka Tanaamah. (2016). Analisa Kelayakan Investasi Teknologi Informasi dengan Menggunakan Metode Information Economis (Studi Kasus: RSUD Tidar Magelang). Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana.

Heni Sulistiani, Prita Dellia. (2016). Evaluasi Kelayakan Investasi Teknologi Informasi Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2016.

Miswanto, Heni Sulistiani, Damayanti. (2020). Penerapan Metode Cost and Benefit Analysis dalam Pengukuran Investasi Teknologi Informasi (Studi Kasus: CV Laut Selatan Jaya). Jurnal Tekno Kompak, Vol 14, No 1.

Sholiq, Arrizqy Nur Shabrina. (2013). Analisis Kelayakan Investasi Aplikasi Point of Sale pada Toko Grosir dan Ecer dengan Cost Benefit Analysis (Studi Kasus: Toko Nirwana Pamekasan). Seminar Nasional Sistem dan Teknologi Informasi (SNASTI).

Sri Hartati, Wijang Widhiarso. (2010). Evaluasi Kelayakan Nilai dan Resiko Bisnis Investasi Teknologi Informasi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Sri Martini. (2008). Model Investasi Fuzzy untuk Analisis Kelayakan Finansial Usaha Diversifikasi Industri Berbasis Tebu. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Suwirno Mawlan, Johanes Petrus. (2015). Analisis Kelayakan Ekonomis TI Pemesanan Bahan Persediaan Fried Chicken Berbasis Web Menggunakan Metode Cost Benefit (Studi Kasus: PT XYZ). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Yulia. (2005). Kajian Kelayakan Investasi Proyek Teknologi Informasi dengan Menggunakan Metode Information Economics. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri – Universitas Kristen Petra.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License