PENGARUH PENGGUNAAN VERSION CONTROL SYSTEM TERHADAP PROSES BELAJAR PEMROGRAMAN MAHASISWA
Abstract
Kondisi sumber daya manusia Indonesia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya pengembangan perangkat lunak dan pemrograman cukup mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya adalah tidak seimbangnya permintaan dari industri dengan lulusan yang disediakan oleh perguruan tinggi. Oleh sebab itu, perguruan tinggi perlu meningkatkan proses belajar dengan menggunakan teknologi yang telah umum digunakan oleh industri, yaitu version control system (VCS). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 89 mahasiswa Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, Universitas Telkom, didapat hasil bahwa penggunaan VCS terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap proses belajar pemrograman mahasiswa dalam pengembangan sebuah perangkat lunak, diantaranya kemudahan berkolaborasi dalam tim, meningkatnya motivasi coding mahasiswa dan proses penilaian yang menjadi lebih transparan karena kontribusi yang terukur.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v5i2.5100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.