Prototype Repository Sumber Belajar Informatika
Abstract
Mata pelajaran Informatika dikatakan sebagai ganti dari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sebelumnya sudah dihapus keberadaannya dalam Kurikulum 2013. Meski demikian, mata pelajaran Informatika secara mendasar tidak sama dengan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dikarenakan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu bagian dari bahasan di dalam mata pelajaran Informatika . Di tahun pertama penyelenggaraannya, mata pelajaran Informatika tidak diselenggarakan oleh seluruh sekolah di Indonesia. Penelitian ini menyampaikan tahapan hasil analisis dan identifikasi kebutuhan prototype repository bagi portal berbagi sumber belajar mata pelajaran Informatika; serta mengembangkan prototype repository sumber belajar Informatika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blikstein, P. (2018). Pre-College Computer Science Education: A Survey of the Field. Google.
Decker, A., McGill, M. M., DeLyser, L. A., Quinn, B., Berry, M., Haynie, K., & McKlin, T. (2018). Repositories You Shouldn’t Be Living Without. 920–921. https://dl.acm.org/doi/10.1145/3159450.3159643
Effindi, M. A., & Abidin, N. (2019, September). Industri 4.0 dan Gerak Cepat Pendidikan Informatika di Indonesia. ISSUE SENTRAL: Majalah Semi Ilmiah Komunikasi dan Pendapat Umum, 45, 46–50.
Gander, W., Petit, A., Berry, G., Demo, B., Vahrenhold, J., McGettrick, A., Boyle, R., Drechsler, M., & Stephenson, C. (2013). Informatics Education: Europe Cannot Afford to Miss the Boat. Informatics Europe & ACM Europe. https://www.informaticsforall.org/the-informatics-boat-reports/
Google Inc. (2017). Computer Science Learning: Closing the Gap: Rural and Small Town School Districts. Results From the 2015-2016 Google-Gallup Study of Computer Science in U.S. K-12 Schools (Issue Brief No. 4) (4). Google. http://services.google.com/fh/files/misc/computer-science-learning-closing-the-gap-rural-small-town-brief.pdf
Grant, E. S. (2017). Online Repository for Software Engineering Education. https://www.iaeng.org/publication/IMECS2017/IMECS2017_pp528-533.pdf
McGill, M. M., & Decker, A. (2018). Defining Requirements for a Repository to Meet the Needs of K-12 Computer Science Educators, Researchers, and Evaluators. IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), San Jose, USA.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2019). Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013.
The Royal Society. (2017). After the Reboot: Computing Education in UK Schools. The Royal Society. royalsociety.org/computing-education
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v12i1.30411
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Afif Effindi, Laili Cahyani, Saffana Assani', Taufiqur Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.