KONSTRUKSI RUMUS LUAS LINGKARAN BERBASIS MEDIA MANIPULATIF DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses konstruksi rumus luas lingkaran dengan media manipulatif dalam setting pembelajaran kooperatif . Penelitian termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, mahasiswa dapat mengkonstruksi rumus lingkaran dengan media manipulatif dan setting pembelajaran kooperatif. Pendekatan dalam penemuan rumus luas lingkaran ditunjukkan dengan bangun trapesium, persegi panjang, jajar genjang dan segitiga. Penggunaan media manipulatif dapat membantu proses konstruksi rumus luas lingkaran dengan pendekatan luas daerah segitiga, jajar genjang dan trapesium.
Kata Kunci: lingkaran, media manipulatif, pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Butler, F. M., Miller, S. P., Crehan, K., Babbitt, B., & Pierce, T. (2003). Fraction instruction for students with mathematics disabilities: Comparing two teaching sequences. Learning Disabilities Research & Practice, 18(2), 99–111.
Karakirik, Erol. (2016). Developing Virtual Mathematics Manipulatives: The SAMAP Project
Mahmudah, Rifaatul. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Menggunakan Bahan Manipulatif dalam Pembelajaran Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika
McNeil, N., & Jarvin, L. (2007). When theories don’t add up: Disentangling the manipulatives debate. Theory into Practice, 46(4), 309–316.
Muhsetyo, dkk. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice. London: Allymand Bacon.
Van de Walle, J.A., Karp, K.S., & Bay-Williams, J.M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics – Teaching Developmentally (7th Ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.3026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.