PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PENCARIAN AYAT AL-QURAN

Muhamad Afif Effindi

Abstract


Sebagai kitab suci, Al-Quran diperlukan bagi umat Islam untuk mencari kaidah-kaidah yang berkaitan dengan segala permasalahan kehidupan. Untuk keperluan tersebut, umat Islam secara umum, atau pelajar khususnya, akan mencari ayat yang sesuai dengan yang dikehendaki. Tentu ada kesulitan tersendiri jika diharuskan mencari ayat yang spesifik membahas hal tertentu dari sekian banyak surah dan ayat. Kitab Fathurrahman merupakan salah satu yang banyak dirujuk untuk digunakan dalam pencarian ayat. Penelitian ini membahas tentang perangkat lunak yang menerapkan metode pencarian ayat Al-Quran berdasarkan kitab tersebut.

 

Kata kunci: Fathurrahman, aplikasi pencarian ayat Al-Quran


References


Al-Anshori, Zakaria. 2009. Fath Al-Rahman. Jurnal Terjemahan Alam dan Tamadun Melayu 1 (2009) 183-199.

Alqahtani, Mohammad dan Eric Atwell. 2017. Evaluation Criteria for Computational Quran Search. International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology, Vol. 5, Issue 1, March 2017, 12-22.

Elobaid, Manal, Kauser Hameed, Moawia Elfaki Yahia Eldow. 2014. Toward Designing and Modeling of Quran Learning Applications for Android Devices. Life Science Journal 2014;11(1).

Ismail, Rohana, Zainab Abu Bakar, Nurazzah Abd. Rahman. 2016. Ontology Learning Framework for Quran. Conference: 2016 Advanced Research in Engineering and Information Technology International Conference (AREITIC), At Bandung, Indonesia.

Syaikh Ilmi Zadeh Fu'ad Abd Al Baqiy. tt. Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur'an. Bandung: Penerbit Diponegoro.

Wahid, Fathul. 2015. Mendaras Agama Lewat Teknologi. Kedaulatan Rakyat, 3 Juli 2015 [sumber: http://fathulwahid.staff.uii.ac.id/2015/07/ diakses pada Mei 2017].




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License