PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN NEUROSAINS MELALUI KETERAMPILAN MENGINGAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Abstrak
Judul penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika dengan pendekatan neurosains melalui keterampilan memingat ditinjau dari motivasi belajar pada Program Studi S-1 Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Tujuannya meliputi a) untuk mengetahui pengaruh pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat terhadap hasil belajar b) ingin mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar setelah diberi pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat. Pendidik memang bukan pakar otak (neurosains), tetapi pendidik adalah bagian satu-satunya profesi yang pekerjaanya setiap hari mengubah otak . Setiap informasi dalam pembelajaran akan masuk ke otak melalui sistem syaraf sehingga diperlukan pembelajaran yang mengoptimalkan sistem kerja otak. Penelitaian menggunakan desain faktorial dengan mengkaji faktor laur yang mempengaruhi hasil belajar. Polulasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan informatika, sampelnya adalah mahasiswa pendidikan informatika semester 2, pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan antara yaitu tes hasil belajar mahasiswa dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini Pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat berpengaruh terhadap hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,00. Motivasi belajar tidak berkorelasi terhadap hasil belajar setelah diberi pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat dengan taraf signifikansi 0,155.
Kata kunci: neurosains, keterampilan mengingat dan motivasi belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Bruning, Roiger, etc. 2011. Cognitive Psycology and Instruction: Fifth Edition: Boston: Pesarson.
Depotter, Bobi and Hernacki Mike. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: kaifa.
Grahito, Anggit. 2010. Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Kontekstual (CTL) Melalui Media Animasi Dan Media Non Animasi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Skripsi: UNS.
Gunawan, Eko. 2015. Pendidikan Tauhid Prespektif Neurosain dan Implikasinya dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Telaah Pemikiran Taufik Pasiak. Skripsi: UIN Sunan Kali Jaga
Ikrar, Taruna. 2015. Ilmu Neurosains Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce,Bruce, et all. 2009. Models of Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kemendiknas. Undang-Undang Standar Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Kemdiknas
Markam, H. 2006. The Blue Brain Project. Nat Rev Neurosci: 7, 53-60
Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: UNY Press.
Qudsyi,Hazhira. 2010. Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak. Buletin Psikologi, Vol 12: 91-111
Rustiana,Eunike R. 2011. Efek Psikologis dari Pendidikan Jasmani ditinjau dari Teori Neurosains dan Teori Kognitif Sosial Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2:198-200
Saputro, Sigit D. 2014. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivisme Melalui Metode Mind Map dan Diskusi ditinjau dari Kemampuan Memori dan Verbal Siswa. Penasains, Vol 1: 64-75
Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Press
Sausa, David. A. 2012. Bagimana Otak Belajar, Edisi Keempat: Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Muhammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains.Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Windura, Sutanto. 2015. Panduan Praktis How to Learn Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.2933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.