Pengembangan E-Learning Sistem Komputer Kelas X di SMKN 1 Kwanyar

Evy Maya Stefany, Prita Dellia, Merry Dian Khoiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas e-learning berbasis website pada materi sistem komputer. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-learning komputer berbasis website ini efektif dari segi materi, bahasa, dan desain. Selain itu, media tersebut juga dinilai praktis dan efektif bagi siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X SMKN 1 Kwanyar. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subyek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media pembelajaran, dan dari uji coba siswa. Pengembangan e-learning sistem komputer kelas X di SMKN 1 Kwanyar menunjukkan bahwa hasil penelitian dari ahli isi materi yaitu guru mata pelajaran bersangkutan dengan tingkat pencapaian 91%. Hasil penelitian dari ahli sistem e-learning dengan tingkat pencapaian 93%. Hasil penelitian dari uji coba lapangan dengan tingkat pencapaian 92% berada dalam kategori sangat baik. Pengembangan e-learning sistem komputer kelas X di SMKN 1 Kwanyar berada pada kategori sangat baik sehingga e-learning ini layak digunakan dalam pembelajaran.

 


Keywords


e-Learning; Website; Sistem Komputer

Full Text:

PDF

References


A, A. R., Putra, Y. I., & Huda, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Smk Adzkia Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 32–41. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.310

Elza Yunika, Tuti Iriani, & Rosmawita Saleh. (2020). Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4D Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton the Development of Animation Based Video Tutorial. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan, 299–306. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1035/639

Ma’wa, F. Z., Rokhmawati, R. I., & Amalia, F. (2023). … berbasis Website menggunakan Metode 4D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Kepanjen pada Materi UI/UX. … Teknologi Informasi Dan Ilmu …, 7(6), 2785–2791. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12855

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 455–467. http://repository.untad.ac.id/3668/

Permadi, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Video Conference Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Nucleic Acids Research, 34(11), e77–e77.

Permatasari, S. C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Interaktif Menggunakan Laravel Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mata Pelajaran Basis Data Siswa Kelas Xi Rpl Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal IT-EDU, 8, 168–180.

Prabowo, T. A., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Web pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5261–5272.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v11i1.28151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Evy Maya Stefany, Prita Dellia, Merry Dian Khoiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License