Efektivitas Modul Pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer Berbasis PBL untuk Meningkatkan Pemahaman Jaringan Komputer Mahasiswa PTI

Wahyu Nur Hidayat, Rahajeng Kartika Sari, Syaad Patmanthara, Dila Umnia Soraya, Nazhiroh Tahta Arsyillah, Rivan Adi Kurniawan, Thirafi Ilmam

Abstract


Kompetensi dalam bidang Komunikasi Data dan Jaringan Komputer menjadi semakin krusial, mengingat pertumbuhan pesat teknologi informasi dan komunikasi. Materi tentang jaringan komputer sendiri merupakan dasar yang diajarkan mata pelajaran informatika tingkat menengah, begitu pula di perguruan tinggi pada program studi informatika. Oleh karena itu, penting untuk merancang modul pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas modul Problem Based Learning (PBL) yang dirancang khusus untuk pembelajaran Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Dengan menerapkan metode Research & Development dan desain 4-D (Four D Models), penelitian ini melibatkan empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modul PBL yang dikembangkan, yang mengintegrasikan video pembelajaran animasi, video tutorial, infografis, dan dukungan mentor, memiliki validitas sangat tinggi dengan skor 90,5% dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan praktis mahasiswa secara signifikan. Nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari 70,2 sebelum penggunaan modul menjadi 85,7 setelah penggunaan modul. Kesimpulannya, modul PBL interaktif ini efektif dalam mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik dalam pembelajaran jaringan komputer, sehingga layak diimplementasikan dalam kurikulum Pendidikan Teknik Informatika.

Keywords


Efektivitas Media; Modul Pembelajaran; Jaringan Komputer; Pemahaman Kognitif; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023a). MODEL & METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: Teori dan Panduan Praktis (Efitra & Sepriano, Eds.; 1st ed., Vol. 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023b). MODEL & METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: Teori dan Panduan Praktis (Efitra & Sepriano, Eds.; 1st ed., Vol. 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akbar, S., & Holid, A. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. 5th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=860002

Aprizal, Y. Z. (2024). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi pada Matakuliah Investasi dan Pasar Modal Syariah. Journal of Islamic Economic and Finance, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.22437/jief.v5i1.34359

Ayukanti, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 9 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

BAHRUNI, A. F. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT JARINGAN DASAR LAN PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 LABUHANHAJI.

Chardnarumarn, J., Kantathanawat, T., & Sukkamart, A. (2023). Enhancing Information Communication Technology Competency in Thai University Student Computer Education Courses. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(18), 17–34.

Farahin Rachman Laraphaty, N., Riswanda, J., Putri Anggun, D., Engga Maretha, D., & Ulfa, K. (2021). Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL). http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio

Gou, M., Zhao, Q., Chen, H., & Li, H. (2023). Application of PBL Combined with Multimedia Technology in Standardized Training of Ophthalmic Residents. Advances in Educational Technology and Psychology, 7(14), 1–7. https://doi.org/10.23977/aetp.2023.071401

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308–317. https://doi.org/10.52434/JP.V14I1.913

Hidayat, W. N., Fitranti, A., Firdaus, A. F., Kartikasari, C. D. I., & Sutikno, T. A. (2020). Gamification based mobile application as learning media innovation for basic programming lessons. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 732(1), 012113. https://doi.org/10.1088/1757-899X/732/1/012113

Hidayat, W.N., Atmadji Sutikno, T., Dwi Indah Kartikasari, C., & Fachriza Firdaus, A. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK GURU SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93–103.

Hidayat, W.N, Muladi, & Alfian Mizar, M. (2016). STUDI INTEGRASI TIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan, 1(12), 2281–2291.

Jing, S., Zhao, C., Guo, L., & Tian, Y. (2023). Application of case-based PBL teaching method in the teaching of Network and Service Engineering. 2023 6th International Conference on Big Data and Education, ICBDE 2023, 33–40.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Mutiara, T., Wigati, I., & Laksono, P. J. (2023). UJI RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA MATERI KOROSI.

Nicholus, G., Muwonge, C. M., & Joseph, N. (2023). The Role of Problem-Based Learning Approach in Teaching and Learning Physics: A Systematic Literature Review. F1000Research, 12, 951. https://doi.org/10.12688/f1000research.136339.1

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Qatrunnada, R. Z., Rahmadewi, S. R., & Fadhila, R. N. (2021). CAREER GUIDANCE: STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA. Jurnal Abdi Psikonomi, 3(4), 230–240.

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (B. Ismaya, A. Anggraini, M. Raditya, & Utamirohmahsari, Eds.; 1st ed.). CV Saba Jaya Publisher.

Rahman, A., Ilwandri, I., Santosa, T. A., Gunawan, R. G., Suharyat, Y., Putra, R., & Sofianora, A. (2023). Effectiveness of Problem-Based Learning Model in Science Learning: A Meta-Analysis Study. JUARA : Jurnal Olahraga, 8(2), 713–726. https://doi.org/10.33222/juara.v8i2.3128

Roberto Simangunsong, S., & Dian Nurani Siahaan, S. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ONLINE PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN. NIAGAWAN, 11(2).

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 144–156.

Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: a meta-analysis study. In Frontiers in Psychology (Vol. 14). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.26813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License