PENERAPAN TEKNOLOGI GAME BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Muchamad Arif

Abstract


Salah satu pelajaran yang abstrak dan dianggap sulit oleh sebagian besar adalah matematika. Jadi diperlukan alternatif pembelajaran yang efektif yang dapat membuat siswa lebh mudah memahami dan lebih cinta dalam matematika. Salah satu cara mengajar matematika lebih kreatif dan menyenangkan adalah melalui permainan.

Disini, penulis mencoba unfruk memperkenalkan Mr.Moo. Ini adalah permainan berhitung dengan menggunakan sapi sebagai karakter hewan Madura. Mr.Moo menyajikan permainan matematika yang dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan kreatif dari beberapa tingkat dari yang paling mudah sampai yang paling susah. Diharapkan permainan ini dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pengoperasian aritmatika di sekolah

Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan pada siswa dan guru menunjukan bahwa permainan Mr.Moo memperoleh nilai 3.12 dari segi deainnya, itu berarti Mr.Moo adalah permainan yang baik dan cocok untuk siswa sekolah dasar. Dan dari isinya atau materinya, Mr.Moo mendapatkan nilai 3,45 yang berarti bahwa Mr.Moo adalah cara yang efektif untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam menghitung disekolah dasar.

 

Kata kunci: Matematika, permainan Mr.Moo, pembelajaran efektif




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muchamad Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License