Implementasi Algoritma Apriori untuk Mengidentifikasi Tren Pemilihan Jurusan

Muh. Nurtanzis Sutoyo, Mardianto Mardianto, Alders Paliling

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pola dalam pemilihan jurusan oleh calon mahasiswa melalui penggunaan algoritma Apriori pada data pendaftaran Jalur Mandiri di USN Kolaka. Dengan analisis terhadap 836 peserta jalur Mandiri, penelitian ini berhasil mengidentifikasi aturan asosiasi yang signifikan antara pilihan jurusan pertama dan kedua. Hasil yang menonjol adalah temuan bahwa peserta yang memilih Hukum sebagai pilihan pertama cenderung memilih Sistem Informasi dengan confidence sebesar 14.36%, dan Ilmu Komputer dengan confidence sebesar 31.19%, sebagai pilihan kedua. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara hukum dan teknologi, yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa tertarik pada lebih dari satu bidang studi dan terbuka terhadap peluang untuk belajar lebih banyak dari bidang lain. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi institusi pendidikan tinggi tentang bagaimana mengubah strategi penerimaan dan pengembangan kurikulum untuk memenuhi ekspektasi dan minat mahasiswa. Diharapkan temuan ini akan mendorong perguruan tinggi untuk lebih inovatif dalam menyusun jurusan yang memberikan keahlian tambahan dan mendalam di satu bidang, sehingga memperluas prospek karir mahasiswa.

Keywords


Algoritma Apriori; Pemilihan Jurusan; Interdisipliner; Data Mining; Pendidikan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Agung Bimantara Putra, Didik Indrayana, and Fathia Frazna Az-Zahra. 2022. “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Rekomendasi Produk Rameiki Mart.” Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis 15(2): 330–47.

Alma’arif, Esha, Ema Utami, and Ferry Wahyu Wibowo. 2021. “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Toko Online.” Creative Information Technology Journal 7(1): 63.

Astuti, Yuli, and Heni Novitasari. 2022. “Algoritma Apriori Sebagai Penentu Pola Penjualan Produk Jeans.” Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika 9(1): 20–28.

Firdaus, Agung Adi et al. 2021. “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Prediksi Kebutuhan Suku Cadang Mobil.” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin) 9(1): 13.

Kurnawan, Irham, Fitri Marisa, and Purnomo Purnomo. 2018. “Implementasi Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 4(1).

Lismardiana, and Dr.Erna Budhiarti Nababan. Herman Mawengkang. 2019. “Pengembangan Algoritma Apriori Untuk Pengambilan Keputusan.” Keputusan the Development Apriori Algorithm for Decision- 4(2): 110–21. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/view/823.

Merliani, Nanda Nurisya et al. 2022. “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman.” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi 8(1): 9–16.

Nola Ritha, Eka Suswaini, and Wisnu Pebriadi. 2021. “Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Poliklinik Penyakit Dalam (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Bintan).” Jurnal Sains dan Informatika 7(2): 222–30.

Pahlevi, Omar, Anton Sugandi, and Ita Dewi Sintawati. 2018. “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Pengendalian Kualitas Produk.” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika 3(1): 272–78.

Risal, Andi Akram Nur, Fhatiah Adiba, and Andi Aisyah Nurfitri. 2023. “Aturan Asosiasi Berbasis Algoritma Apriori Pada Penjualan Retail Online.” Jurnal MediaTIK 6(2): 38.

Saefudin, Saefudin, and Septian DN. 2019. “Penerapan Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan.” JSiI (Jurnal Sistem Informasi) 6(2): 36.

Sikumbang, Erma Delima. 2018. “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori.” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK) Vol 4, No.(September): 1–4.

Suwignyo, Angelicha, Alvin Kosman, and Yosefina Finsensia Riti. 2022. “KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ALGORITMA XOR KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika.” 11(1): 59–67.

Zahrotul Wardah, Devi Fitrianah, Kristono, 2020. 2017. “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Kereta Api Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : PT. Pesona Ceria Travel).” Pelita Informatika Budi Darma 2(2): 31–39.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.25315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License