Efektivitas Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Matematika: A systematic Literature Review

Tria Mardiana, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika merupakan salah satu bentuk inovasi untuk menciptakan desain-desain pembelajaran yang menarik. Adanya desain pembelajaran yang menarik ini, diharapkan siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika lebih semangat dan focus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana berbagai macam bentuk efektivitas teknologi Pendidikan dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk mengenali, meninjau, dan mengevaluasi semua penelitian yang relevan sehingga menjawab pertanyaan suatu penelitian ditetapkan. Penelitian ini terdiri beberapa tahapan, yaitu perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, penetapan kriteria inklusi dan eksklusi, penyeleksian literatur, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah, hal-hal yang berdampak positif pada efektivitas pembelajaran Matematika di antaranya, penerapan media, penerapan aplikasi, penerapan E-Learning, serta penerapan model-model pembelajaran yang menarik. Dampak positif yang tercipta adalah, kemampuan komunikasi Matematika menjadi meningkat, hasil belajar Matematika semakin baik, prestasi belajar Matematika meningkat, kemampuan berpikir kritis semakin baik, serta minat belajar Matematika meningkat. Secara rinci, dampak positif tersebut bisa terkhusus pada materi Matematika tertentu, ataupun secara umum, mulai dari jenjang Pendidikan SD sampai S1.

Keywords


Teknologi Pendidikan; Desain Pembelajaran; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Afnani, M. R., Rizki, A. E. N., & Sutriyani, W. (2023). Efektivitas Media Papan Edukasi Pintar Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 02 Guyangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3), 42–53. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i3.277

Ahmad, Nuzula, F., & Makky, K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Pelajaran Matematika Di Madrasah Ali Darul Falah Batu Jangkih. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 13(1), 66–82.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Alfahnum, M., Astriani, M. M., & Basuki, K. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Komik Berbasis Budaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Dunia Ilmu, 3(1), 23–33.

Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar PSGD Undiksha, 7(2), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17472

Andi Setiawan, M., & Suci Maghfirah, I. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565

Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 417–423. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892

Ayuningtyas, D. R., & Prastowo, A. (2022). Efektivitas Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9285–9293. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3512

Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Bintoro, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Software Media Autograph, Cabri 3D dan Maple Dalam Pembelajaran Matematika. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan …, 1(1), 62–70. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/779

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069

Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961

Fahrijal, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Hybrid. Prisma, 11(1), 177–192. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2051

Fauziah, P. I. N., Mansur, R., & Mustafida, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika DI SDN Sumberagung 1 Kabupaten Kediri. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 101–111.

Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimedia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31857/s0044457x20090081

Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10

Hasanah, R., Khaulah, S., & Husnidar. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Selama Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 6 Samalanga. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 82–86. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.148

Irmayanti, Jamaluddin, A, M., & P, S. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Microsoft Teams Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika IAI Muhammadiyah Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 49–55. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i1.1497

Irwanto, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 281–288.

Jabnabillah, F., & Fahlevi, M. R. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 983–990. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.15262

Kadir, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di MAN Lhokseumawe. Numeracy, 7(2), 225–239. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

Karmajaya, I. W. A., & Kusmariyatni, N. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262

Kisman, M. Y. Bin, Buhaerah, & Usman. (2023). Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Pada Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Pinrang. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 40–47.

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Lestari, W., Pratama, L. D., & Sulistiowati, L. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis M-PBL Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(1), 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page35-44

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. In Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION) (Vol. 2, Issue 1, pp. 58–65). IPM2KPE. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Muniroh, S. H., Rojanah, S., & Raharjo, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains [Journal of Education and Science], 2(2), 410–419.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Muzakkir, M. A., Pomalato, S. W. D., & Katili, M. R. (2022). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone untuk Pembelajaran Matematika dengan Tatap Muka Terbatas. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15605

Na’im, Z. (2019). Relevandi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan. Evaluasi, 3(2), 273–287. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v3i2.296

Ningrum, G. A. O. (2021). Optimalisasi Keaktifan dan Kemampuan Berhitung dengan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas I SDN Kaliwareng. Educatif: Journal of Education Research, 3(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.39

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406

Oktaviana, N. V., Nayazik, A., & Rani, H. A. D. (2019). Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 32. https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839

Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.250

Pratiwi, K. A. M. (2021). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.37320

Priyanda, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Media CAI Dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Muhammadiyah 9 Medan. Jurnal Dimensi Matematika, 2(1), 50–57.

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Risanjani, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Media Quizwhizzer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–7.

Rismaini, L., & Devita, D. (2022). Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1511–1516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1392

Rizky, M. R. F., & Marhaeni, N. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Mathapp Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15923

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Sibuea, M. F. L., & Handayani, M. (2019). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1363

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Tri, A. A. B., Antara, R., Waluyo, E., & Setiawan, D. (2023). Efektivitas PPT Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di SD N 6 Dauhwaru. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(5), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.324

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org///doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.10628

Wildan, A., Suherman, & Rusdiyani, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDIT Bina Insani Kabupaten Serang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 9–18.

Zahrah, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 279–286. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8567




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v10i2.22242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License