Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemilihan Guru Berprestasi menggunakan Metode Promethee pada SMAN 1 Tegalombo Kabupaten Pacitan

Andy Triyanto Pujo Raharjo, Windi Eka Triatma, Yovi Litanianda

Abstract


Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tegalombo Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui beberapa program peningkatan mutu, diantaranya pada aspek kurikulum, sarana/prasarana serta memiliki jumlah guru yang berkualitas. Melalui sistem penilaian guru berprestasi diharapkan para guru termotivasi sehingga memiliki ketersediaan guru berkualitas dalam pengembangan diri dan kompetensinya. Survey yang diambil dari SMAN 1 Tegalombo Kabupaten Pacitan,diketahui bahwa proses penilaian guru berprestasi masih dilaksanakan menggunakan cara manual berdasarkan subyektifitas, hal ini memungkinkan guru berprestasi yang dipilih tidak sesuai dengan standart yang diharapkan dan tidak mendapatkan hasil kandidat terbaik. Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan diharapkan memberikan hasil yang terbaik dan mempermudah proses seleksi pemilihan guru berprestasi oleh Kepala Sekolah. Data pemilihan guru berprestasi yang digunakan adalah daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan yang berisi nilai orientasi pelayanan, inisiatif kerja, komitmen, kerjasama dan ide baru. Metode yang ingin digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam mengambil keputusan pada pemilihan guru berprestasi ini yaitu metode Prometheee. Hasil dari penelitian terdahulu menunjukan bahwa metode Prometheee memiliki keunggulan dalam proses pengambilan keputusan yaitu berupa keluaran dalam bentuk perangkingan yang valid.

Keywords


sistem pendukung keputusan; Prometheee; guru berprestasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, M. Berhan. 2009. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Firmanto, B. 2016. Penggunaan Algoritma Promethee Untuk Pemilihan Guru Teladan Tingkat SMU Dan SMK. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer.12:7.http://sistem.wisnuwardhana.ac.id/index.php/sistem/article/view/64.

Imandasari, T. & Windarto, A.P. 2017. Sistem Pendukung Keputusan dalam Merekomendasikan Unit Terbaik di PDAM Tirta Lihou Menggunakan Metode Promethee. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(4):159.https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.4.2017.159-165.

Kurniawan.dkk. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Di Universitas Dhyana Pura Menggunakan Metode AHP, Electre Dan Topsis. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIKI) Vol : 4, No. 1. Program Studi Ilmu Komputer Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Qadrini, Laila, dkk. 2021. Decision Tree Dan Adaboost Pada Klasifikasi Penerima Program Bantuan Sosial. Jurnal inovasi penelitian, vol. 2:7. Universitas Sulawesi Barat

Siahaan A. 2012. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Promethee Hasil pengujian sensititivitas terdapat tiga kriteria yaitu hasil penugasan kerja, kemampuan kerja, dan sikap kerja PT Hasjrat Abadi Kupang. Skripsi. Kupang: universitas nusa cendana.

Sudarsono, Edi. 2020. Sistem pendukung Keputusan penerimaan karyawan pada PT. Dexa medika Palembang. Jurnal. Vol. 1:1. https://www.academia.edu/66303234/Sistem_Pendukung_Keputusan_Penerimaan_Karyawan_Pada_PTDexaMedika_Palembang

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan R&B Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.19715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License